UMUS

AKREDITASI B

Entrepreneur, Profesional, Inovatif dan Kearifan Lokal (EPIK)

SEMAKIN MEROKET UMUS KEMBALI JALIN KERJASAMA INTERNASIONAL

BREBES – Universitas Muhadi Setiabudi (UMUS) Brebes dan RV University India jalin kerjasama dengan melakukan penandatanganan MoU yang diselenggarakan di Gedung Pascasarjana Rabu (21/2/24).

Turut hadir dalam acara ini yakni jajaran sivitas akademika dari kedua belah pihak, di antaranya adalah Rektor UMUS Brebes, Dr. Roby Setiadi, S.Kom., M.M. Wakil Rektor Bidang Kurikulum Dr. Moh. Toharudin, M.Pd. Wakil Rektor Bidang Keuangan Otong Saeful Bachri, M.M., M.Kom. dan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Wadli, S.TP.., M.Si. seluruh Dekan dan Ketua Program Studi, dan Sivitas Akademika serta Direktur RV University India, Dr. Bhanu Prakash Nunna.

Dr. Roby mengatakan bahwa salah satu upaya mewujudakan mutu lembaga dan sivitas, diperlukan kerjasama dengan pihak lain, diantaranya dengan RV University India. Kerjasama yang dapat dibangun ini cukup banyak, diantaranya pertukaran mahasiswa, exchange professor, twimming program, dual degree, magang, dan internasional conference.

“Maka lembaga memberikan dukungan untuk lebih jauh menjalin hubungan kerjasama, salah satunya yaitu penandatanganan MoU dengan RV University India”, tutur Rektor.

Rekto UMUS juga menambahkan, bahwa dalam waktu dekat ini, segera diadakan student exchange. LPM akan membuat sebuah format persyaratan yang harus dipenuhi oleh peserta yang ingin mengikuti program itu. Kemampuan Bahasa Inggris ataupun pengetahuan tentang kebudayaan Indonesia agar bisa mengenalkan kebudayaan Indonesia maupun UMUS Brebes, merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi.

Sementara itu, Direktur Pyshcology and Victimology Researc RV University India, Mr. Dr. Bhanu, menyampaikan rasa terima kasih kepada UMUS Brebes yang sudah menginisiasi untuk melakukan kerjasama.

“Kedepan kerjasama ini akan segera kami tindak lanjuti, agar dapat meningkatkan mutu dari masing-masing institusi. Ini adalah kesempatan bagus, kita akan melakukan kerjasama antara India dan Indonesia, khususnya RV University India dan UMUS Brebes,” tutur Dr. Bhanu.

Wakil Rektor III sangat menyambut baik atas pertemuan dan gagasan untuk melakukan kerjasama dengan RV University India. Kehadiran Dr. Bhanu sebagai simbolis untuk menjalin kerjasama lebih jauh yang dapat bermanfaat bagi dosen maupun mahasiswa UMUS Brebes.

“Kami sudah menanti kedatangan Dr. Bhanu untuk menjalin kerjasama ini, harapan ke depan dapat bermanfaat bagi dosen maupun mahasiswa UMUS Brebes untuk mengembangkan maupun melanjutkan studi,” kata Wadli.

Selain itu, Wadli, M.Si. juga sangat mendukung atas hubungan diplomasi Indonesia-India, khususnya pada bidang pendidikan dan kemahasiswaan. Karena sebenarnya antara Indonesia-India mempunyai history yang sudah lama terjalin dari segi pendidikan, tetapi belum terlalu diekspos.

Leave a Reply

Your email address will not be published.