UMUS

AKREDITASI B

Entrepreneur, Profesional, Inovatif
dan Kearifan Lokal (EPIK)

UMUS TV
ALUMNI

KAMPUS MUDA MENDUNIA, UMUS KERJASAMA INTERNASIONAL DENGAN PERUSAHAAN JEPANG

Humas UMUS- pada hari Senin, tanggal 23 Januari 2023, Universitas Muhadi Setiabudi baru saja melaksanakan penandatanganan MoU (Memorandum of Understanding) dengan Fruits Ishii Corp-Jepang serta penandatanganan MoA (Memorandum of Agreement) antara Fakultas Sains dan Teknologi tentang program magang mahasiswa ke Jepang di Gedung Pascasarjana UMUS. Penandatanganan ini merupakan salah satu langkah Universitas Muhadi Setiabudi, khususnya Fakultas Sains dan Teknologi untuk membuka lebih luas akses magang kepada mahasiswa Indonesia ke luar negeri, salah satunya ke negara Jepang yang sebelumnya UMUS sudah pernah mengirimkan 13 mahasiswa magang ke jepang.

Rektor dan President & Representative Director Fruits Ishii Jepang tanda tangani Naskah MoU
Rektor dan President & Representative Director Fruits Ishii Jepang menunjukan Naskah MoU

Seiji Ishii, selaku President & Representative Director Fruits Ishii-Jepang menyampaikan pesannya, “Semoga program ini akan memberi pengalaman bekerja dan mengenalkan budaya di Jepang kepada mahasiswa Indonesia, meningkatkan kesadaran internasional, serta mengharap lulusan program magang ini akan muncul sebagai pemimpin di Indonesia, kami akan melakukan yang terbaik untuk Universitas Muhadi Setiabudi Indonesia” Tegasnya.

Dekan Fakultas Sains & Teknologi menandatangani Naskah Kerjasama

Fruits Ishii Japan merupakan Perusahaan Pertanian terbesar di Jepang yang berlokasi di Fukushima. Perusahaan ini bekerja sama dengan Universitas Muhadi Setiabudi terkait dengan melakukan penyusunan kurikulum, pembagian informasi terkait pengembangan ilmu dan teknologi, pemberian fasilitas magang mahasiswa dan dukungan pembuatan naskah dokumen program magang, tindak lanjut peserta magang setelah tiba di Jepang, akan diberikan pelatihan bahasa dan penyesuaian diri untuk selanjutnya mereka akan magang selama 1 tahun atau 2 semester.

Pada acara tersebut dihadiri oleh Rektor Universitas Muhadi Setiabudi, Wakil Rektor 1,2 dan 3, Dekanat Fakultas Sains dan Teknologi serta  President & Representative Director Fruits Ishii-Jepang dan delegasi dari Jepang.

Dr. Roby Setiadi, S.Kom., M.M. selaku Rektor Universitas Muhadi Setiabudi menyampaikan pesan, “program ini sejalan dengan kebijakan magang 3 semester yang digaungkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Universitas Muhadi Setiabudi berterimakasih kepada President & Representative Director Fruits Ishii-Jepang yang mau datang ke Kampus Kami dan berkolaborasi bersama.”pungkasnya.

Selain melaksanakan penandatanganan kerjasama rombongan delegasi Jepang selanjutnya mengunjungi keluarga mahasiswa yang akan berangkat ke Jepang, selain berkunjung ke rumah mahasiswa, Seiji Ishii President & Representative Director Fruits Ishii-Jepang juga menyempatkan diri ke Sawah yang dimiliki orang tua mahasiswa dan berbagi ilmu disana.

Berfoto bersama keluarga mahasiswa

Program ini berjalan seiring dengan kebijakan Merdeka Belajar, Kampus Merdeka yang digalakan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Anwar Makarim. Salah satunya adalah program hak belajar 3 semester. Program tersebut memberikan hak kepada mahasiswa untuk belajar di luar program studi atau kampus paling lama 3 semester.

Seiji Ishii Mengunjungi Penyimpanan Bawang Merah milik orang tua Mahasiswa
Seiji Ishii berkunjung ke ladang milik orang tua mahasiswa

Kebijakan tersebut memberikan kebebasan kepada mahasiswa untuk tetap berada di dalam prodi atau memilih jenis kegiatan pembelajaran di luar prodi atau kampus. Dengan demikian, mahasiswa Universitas Muhadi Setiabudi khususnya Fakultas Sains dan Teknologi dapat memanfaatkan hasil kerja sama ini sebagai bentuk implementasi kebijakan hak belajar 3 semester di luar program studi. (AB)

Leave a Reply

Your email address will not be published.