UMUS

AKREDITASI B

Entrepreneur, Profesional, Inovatif
dan Kearifan Lokal (EPIK)

UMUS TV
ALUMNI

MERAJUT SOLIDARITAS UKM-KSR UMUS ADAKAN DONOR DARAH

UMUS- Mahasiswa UMUS yang tegabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Korps Suka Rela (KSR) PMI gelar acara Donor Darah (5/12/2022) di Auditorium Universitas Muhadi Setiabudi. Kegiatan ini merupakan agenda rutin tahunan yang setiap tahun diselenggarakan oleh UKM KSR PMI UMUS.

Mahasiswa melukan donor darah

Penangung jawab kegiatan, Sulistiani, menuturkan bahwa kegiatan Donor Darah ini melibatkan PMI Kab. Brebes. Adapun animo peserta Donor Darah tidak hanya berasal dari mahasiswa UMUS saja, namun juga Bapak dan Ibu dosen juga ada yang mendonorkan darahnya” imbuh Sulis.

Mahasiswa PGSD tersebut menambahkan, penyelenggara kegiatan menargetkan 50 kantong darah dan terkumpul sekitar 30 kantong.  Sebenarnya masih banyak yang ingin mendonorkan darahnya, namun karena keterbatasan waktu maka dari pihak PMI hanya membatasi sampai jam 12 saja. Tercatat peserta yang mendaftarkan diri sebanyak 90 orang. Namun, peserta yang lolos pemeriksaan kesehatan hanya sekitar 30 orang saja. Darah yang terkumpul selanjutnya akan didistribusikan oleh pihak PMI.

Kegiatan donor darah ini merupakan kegiatan kemanusiaan yang bertujuan untuk memberikan bantuan kepada orang yang membutuhkan sebagai wujud solidaritas kepada sesama manusia sekaligus merespon banyaknya bencana alam di Indonesia yang belakangan banyak terjadi di berbagai tempat, maka diharapkan UMUS dapat membantu PMI dalam menyiapkan supplai kantong darah. Melalui kegiatan ini setidaknya juga dapat berkontribusi untuk menambah supply kebutuhan darah nasional. Angka keamanan darah nasional yang ditetapkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebesar 2% dari jumlah populasi setiap tahunnya. Saat ini Indonesia masih membutuhkan 5 juta kantong darah untuk memenuhi standar tersebut. “Dengan demikian, donor darah yang dielenggarakan mahasiswa UKM KSR UMUS diharapkan dapat berkontribusi memberikan supply darah” imbuhnya. (AB)

Leave a Reply

Your email address will not be published.