UMUS

AKREDITASI B

Entrepreneur, Profesional, Inovatif
dan Kearifan Lokal (EPIK)

UMUS TV
INTERNASIONAL
ALUMNI

GO INTERNATIONAL  13 MAHASISWA UMUS BREBES  INTERNSHIP MBKM BERSERTIFIKAT KE JEPANG

UMUS-Sejumlah 13 Mahasiswa UMUS dilepas untuk melaksanakan internship/magang Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) Bersertifikat ke Jepang.  Mahasiswa UMUS tersebut terdiri dari 13 mahasiswa Fakultas Sains & Teknologi yang akan melaksanakan magang di beberapa perusahaan dalam bidang pertanian di berbagai kota di jepang.  Para mahasiswa ini akan melaksanakan magang antara 8 hingga 12 bulan.  Mahasiswa UMUS yang akan mengikuti magang tersebut dilepas dalam Seremonial Pelepasan Mahasiswa di Aula Rapat Rektorat.

Hadir pada kesempatan itu, Ketua Yayasan (Dr (HC) Muhadi Setiabudi), Rektor (Dr. Roby Setiadi, S.Kom., M.M.) dan Wakil Rektor 1, 2 dan 3 serta Dekan Fakultas Sains & Teknologi (Wadli, S.TP., M.Si) Kepala UPT Humas (Abdul Bashar), dan Ketua Prodi ITP (Yan El Rizal Unzilatirrizqi D., M.Sc.). Ketua Prodi Agribisnis ( Suci Nur Utami, M.Si)

Program internship ini dapat terlaksana atas kerjasama antara Fakultas Sains & Teknologi UMUS dan Nippon Academy.  Selain itu fakultas juga akan menandatangani perjanjian kerja sama dengan setiap perusahaan yang menjadi tempat magang mahasiswa.

Program magang ke Jepang ini menjadi sangat istimewa karena UMUS menjadi Universitas Swasta yang pertama melaksanakan program ini.  Selain itu, UMUS juga telah siap dengan berbagai persyaratan dan dokumen khususnya terkait dengan MBKM sehingga setelah melalui berbagai proses baik seleksi maupun pelatihan Bahasa akhirnya 13 mahasiswa UMUS ini diberangkatan.

Rektor Dr. Roby Setiadi, S.Kom., M.M. menyampaikan apresiasi atas terlaksananya kerja sama ini.  Rektor mengatakan bahwa kebijakan MBKM membuat mahasiswa memiliki kesempatan untuk belajar di luar program studi, sehingga diharapkan tidak hanya menguasai konseptual teoritis semata, melainkan juga belajar dalam konteks yang nyata yakni di masyarakat, dunia industri, dan dunia usaha.  Kepada 13 mahasiswa UMUS yang akan berangkat Rektor berpesan agar mereka dapat mengambil banyak kesempatan untuk belajar bukan hanya substansi keilmuannya melainkan juga pada aspek softskillnya.  “Selamat belajar dalam program ini dan tunjukkanlah yang terbaik karena saudara tidak hanya mewakili diri saudara sendiri akan tetapi juga almamater serta bangsa dan negara,” jelasnya. 

Dukungan senada disampaikan Dekan Fakultas Sains & Teknologi UMUS. Program Internship ke Jepang sangat bagus karena membuka pengalaman dan ilmu mahasiswa secara langsung. “Para mahasiswa belajar mandiri dan menerapkan teori yang mereka pelajari di jepang, ini bagus sekali” paparnya.

Ketua Yayasan  Dr (HC) Muhadi Setiabudi menyampaikan program ini akan terus di dukung oleh yayasan untuk dapat memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada mahasiswa dalam melakukan percepatan dalam meningkatkan kapasitas diri dengan menimba ilmu dan pengalaman di negeri Sakura. “Kita buktikan kepada semua orang walaupun kampus kita berada di daerah namun kualitas dan kuantitas kita tidak bisa diremehkan, buktinya mahasiswa kita bisa Go Internasional”. Pungkasnya.

Acara dihadiri pula oleh keluarga besar UMUS di Brebes, para orang tua. Para mahasiswa tampak sangat antusias menjelang keberangkatan. Satu persatu berpamitan kepada Rektor UMUS yang menghantar ke Bandara Internasional Soekarno Hatta. (HUMAS).

Leave a Reply

Your email address will not be published.