UMUS

AKREDITASI B

Entrepreneur, Profesional, Inovatif
dan Kearifan Lokal (EPIK)

UMUS TV
INTERNASIONAL
ALUMNI

DI HOTEL GRAND DIAN BREBES FAKULTAS KESEHATAN UMUS MENGIKUTI PELATIHAN TABLE MANNER

Peserta Pelatihan Table Manner mendapatkan sertifikat kompetensi

UMUS – Universitas Muhadi Setiabudi kembali mengasah skill mahasiswanya melalui berbagai pelatihan. kali ini giliran mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan FIKES UMUS yang mendapat kesempatan untuk berlatih Table Manner di salah satu hotel ternama di wilayah Kabupaten Brebes yakni Grand Dian Hotel Brebes.

Kegiatan yang diadakan oleh Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES UMUS) ini bertujuan untuk mengenalkan tata cara dan etika makan saat jamuan formal kepada para mahasiswa yang nantinya akan menjadi seorang Public Relations Officer. Pelatihan yang diikuti oleh 30 mahasiswa Ilmu Kesehatan ini juga dihadiri oleh tiga dosen FIKES apt. Rifqi Ferry Balfas, M.Farm. Diah Ratnasari, S.Pd., M.Gizi dan Rifatul Masrikhiyah, S.TP., M.Gizi Serta salah satu Staf Kehumasan UMUS, M. Badruz Zaman S.Kom.

‘’Tabel manner itu adalah aturan etika yang dipergunakan pada saat makan, yang mana memberikan petunjuk-petunjuk yang benar dalam penggunaan alat makan. Perbedaan budaya makan dapat membuat aturan tersebut berubah-ubah yang bertujuan menambah wawasan seseorang tentang etika budaya bangsa-bangsa lain,’’ ungkap Any Kusumaeni Manager Grand Dian Hotel Brebes, yang menjadi narasumber dalam pelatihan yang diadakan di Hotel Grand Dian, Rabu (25/5/2022).

Pelatihan yang berlangsung hampir 2 jam tersebut, diawali dengan penjelasan tata cara makan dalam jamuan formal, mulai dari cara melipat serbet di meja, cara menggunakan peralatan makan di atas meja, hingga etika makan formal. Tak hanya sekedar teori, para mahasiswa juga diajak untuk langsung mempraktekkan teori tersebut melalui jamuan ala hotel yang terbagi menjadi beberapa tahapan, seperti makanan pembuka (appetizer), sup (soup), makanan utama (main course), makanan penutup (dessert) hingga teh. Mahasiswa disuguhkan berbagai menu hotel seperti apple saladpumpkin souproast beef medallion with smash potatoes dan mango pudding.

Suasana pelatihan yang dibangun Any Kusumaeni, karena seringkali wanita yang memiliki pengalaman puluhan tahun bekerja di Grand Dian hotel ini melontarkan candaan-candaannya yang membuat mahasiswa tersenyum bahkan tertawa. Sehingga mencairkan ketegangan yang tersisa karena harus mempraktekkan tata cara table manner yang benar. Untuk jamuan formal ini, mahasiswa pun tampil beda, menggunakan pakaian formal seperti jas, celana bahan dan dress.

Namun, Any Kusumaeni tak hanya mengenalkan etika makan saja, ia menambahkan hal penting lain yang ada pada pelatihan tersebut. ‘’Intinya adalah membuat kalian percaya diri. Percaya diri terhadap masa depan kalian. If your want to be a successful person, with the top people so you have to know the top standard, the International standard. Apalagi sebagai seorang yang nanti berhubungan dengan banyak orang. Jangan mempermalukan bahkan merugikan perusahaan, karena tata cara makan itu memperlihatkan bagaimana diri kita sebenarnya,’’ tegasnya sambil menutup pelatihan Table Manner. (Humas)

Leave a Reply

Your email address will not be published.