UMUS

AKREDITASI B

Entrepreneur, Profesional, Inovatif dan Kearifan Lokal (EPIK)

UMUS LEPAS MAHASISWA IKUTI PROGRAM PERTUKARAN MAHASISWA MERDEKA

UMUS – Universitas Muhadi Setiabudi melepas 3 Mahasiswa yang akan mengikuti program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) belajar selama satu semester di 3 perguruan tinggi di 2 provinsi di luar Pulau Jawa.

 “Ini kesempatan yang luar biasa baik bagi mahasiswa, program ini tidak hanya memberi wawasan keilmuan tetapi juga kesempatan untuk mengena budaya lain yang ada di Indonesia,” ujar Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. Moh. Toharudin, M.Pd. saat melepas secara simbolis keberangkatan para peserta PMM UMUS di Ruang Senat Lantai 2 Gedung Rektorat UMUS, Brebes, Senin (14/8/2023).

Lebih lanjut Dr. Moh. Toharudin, M.Pd.mengatakan, perbedaan jangan dianggap sebagai hambatan atau ancaman. Perbedaan budaya, perbedaan agama, perbedaan suku, itu merupakan puzzle yang jika digabungkan akan menjadi harmoni yang baik untuk menciptakan keseimbangan dan pada akhirnya membawa kemajuan bagi kita semua.

“Saya titip pesan, di mana kita datang maka di situlah kita harus menjunjung adat budaya setempat. Kalian membawa jaket almamater dengan lambang UMUS, mohon dijaga attitude kita, cara bagaimana kita bersikap dan menghormati adat istiadat dan tata cara di sana,” ujar Dr. Moh. Toharudin, M.Pd.

Sementara Koordinator Pertukaran Mahasiswa Merdeka UMUS, Dedi Romli Triputra,Lc., M.S.i. memaparkan, PMM berorientasi memberikan pengalaman kebinekaan melalui keikutsertaan dalam berbagai aktivitas terkait kegiatan Modul Nusantara untuk memupuk semangat persatuan dan nasionalisme Indonesia.

“Dari 3 mahasiswa akan berangkat ke tempat tujuannya mulai 10 Agustus 2023. Mereka terdiri dari 1 laki-laki dan 2 perempuan. Para mahasiswa berasal dari 3 program studi akademik (S1),” jelas Dedi Romli Triputra,Lc., M.S.i. Para mahasiswa, lanjut Dedi Romli Triputra,Lc., M.S.i., akan berangkat ke 3 kampus yang tersebar di 2 provinsi, yaitu Aceh (1 orang), Sumatera Utara (2)

Dalam program ini, mahasiswa melaksanakan pertukaran dalam negeri selama 1 (satu) semester dari perguruan tinggi di satu klaster pulau ke perguruan tinggi di klaster pulau lainnya. Orientasinya adalah untuk memberikan pengalaman kebinekaan melalui keikutsertaan dalam berbagai aktivitas terkait kegiatan Modul Nusantara untuk memupuk semangat persatuan dan nasionalisme Indonesia dan berbagai mata kuliah lain.

Perguruan tinggi pengirim melakukan pengakuan Satuan Kredit Semester (SKS) mata kuliah hingga 20 (dua puluh) SKS yang mana di dalamnya terdapat 4 (empat) SKS Modul Nusantara untuk memupuk semangat persatuan dan nasionalisme Indonesia.

Minat mahasiswa UMUS mengikuti program ini sangat tinggi, menyebabkan persaingan sangat ketat ketika dilakukan proses seleksi. Oleh sebab itu, Dr. Muh. Tohadrudin  mengucapkan selamat kepada 3 mahasiswa UMUS yang terpilih dan mengimbau agar para mahasiswa memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya dengan tetap menjaga nama baik diri sendiri dan nama baik almamater Universitas Muhadi Setiabudi.

Rektor UMUS Dr. Roby Setiadi, S.Kom., M.M. dalam acara pelepasan mahasiswa PMM 3 (outbound) mengatakan, ke 3 mahasiswa ini adalah duta UMUS yang akan melaksanakan program pertukaran di 3 kampus yang berada di luar Pulau Jawa. Karena itu Rektor menekankan agar para mahasiswa dapat mengikuti program ini secara baik dan senantiasa menjaga nama baik almamater UMUS kapanpun dan dimanapun berada.

“Kita segenap pimpinan dan sivitas akademika UMUS sangat mendukung program PMM yang merupakan bagian dari kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dilaksanakan Kemendikbudristek. Semoga dengan mengikuti program ini adik-adik mahasiswa semakin luas pengetahuan dan pengalamannya tentang nasionalisme Indonesia serta dapat memenuhi kebutuhan studi 20 SKS,” tutur Dr. Roby Setiadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.