PROGRAM PEKERTI

Berdasarkan paradigma baru perguruan tinggi, dosen dituntut bekerja secara profesional. Disamping itu dosen juga harus meningkatkan kompetensi dan pengetahuan dalam substansi belajar mengajar yang membutuhkan pelatihan khusus. Maka diadakanlah Pelatihan Program Pengembangan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) bagi dosen Universitas Muhadi Setiabudi Brebes lingkungan Kopertis Wilayah IV pada tangggal 6 Juni 2014.

Pada sambutannya Rektor mengingatkan, pengakuan akan keberadan UMUS di Masyarakat serta Kopertis IV dan baru-baru ini harus diimbangi dengan kualitas input dan proses belajar-mengajar (PBM) yang berkesinambungan. “PBM harus diperbaiki dengan kata kunci kompetensi, tetapi sampai saat ini KBK (kurikulum berbasis kompetensi) belum bisa diterapkan”, ujar Rektor. Akibatnya, kemandirian mahasiswa Indonesia dinilai kurang. “Dengan PBM yang efisien menggunakan sistem Student Centered Learning (SCL), Problem Based Learning (PBL) dan KBK, diharapkan dosen hanya berperan sebagai fasilitator sehingga mahasiswa akan lebih aktif”, tambah Rektor.

Melalui program Pekerti ini diharapkan para dosen senior tidak hanya membimbing mahasiswa, tapi juga para dosen muda. kegiatan ini bertujuan saling berbagi pengalaman mengajar, di samping memenuhi persyaratan sertifikasi dosen. Materi yang disampaikan meliputi: soft skill, pembuatan modul, multimedia pembelajaran serta pembelajaran dalam KBK. Menyampaikan overview materi, Ir. Mohammad Amin, M.Sc. menyatakan, perubahan kebijakan dunia pendidikan tinggi telah menyentuh semua bagian, yang meliputi kurikulum, peran dosen, dan proses pembelajaran. Peran dosen sendiri telah ditegaskan dalam UU Sisdiknas, UU Guru dan Dosen, serta PP Nomor 19 Tahun 2006 tentang Standar Nasional Pendidikan. Dalam UU Sisdiknas misalnya, telah disebutkan bahwa dosen adalah tenaga kependidikan yang berfungsi sebagai pendidik Profesional yang bertugas merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran, menilai hasil pembelajaran, melakukan pembimbingan dan pelatihan serta melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *