Penarikan Mahasiswa KKN UMUS Brebes 2019 di Kec. Songgom, Kab. Brebes

Universitas Muhadi Setiabudi Brebes senantiasa menanamkan rasa kepedulian sosial dan pengabdian kepada masyarakat pada masyarakat. Salah satu bentuk nyata kegiatan tersebut adalah kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN). KKN tahun akademik 2019/2020 dilaksanakan di kecamatan Songgom, Kab. Brebes mulai tanggal 1 Agustus 2019 sampai 10 September 2019. KKN UMUS Brebes 2019 yang berbasis riset diikuti oleh 130 mahasiswa semester 6 dari berbagai program studi. Harapannya, dengan berbasis riset akan lebih memberikan solusi terhadap permasalahan yang ada di kecamatan Songgom.

Tepat pada tanggal 9 September 2019, 39 hari setelah pelepasan mahasiswa KKN UMUS Brebes ke kecamatan Songgom, UMUS Brebes melalui LPPM melakukan penarikan kembali mahasiswa KKN dari kecamatan Songgom. Penarikan ini menandakan bahwa kegiatan KKN telah berakhir. Namun, akhir KKN ini bukan merupakan akhir dari program pengabdian UMUS Brebes. Hal ini karena KKN yang dilaksanakan di kecamatan Songgom akan berkelanjutan, selama 3 tahun berturut-turu. Harapannya adalah bahwa permasalahan yang ada dapat diselesaikan dengan lebih optimal.

Kegiatan penarikan mahasiswa KKN UMUS Brebes 2019 di kecamatan Songgom, dimulai pukul 09.30 dengan susunan acara Pembukaan MC oleh Acara, Sambutan Ketua LPPM, Sambutan Rektor UMUS Brebes, Sambutan Kepala Baperlitbangda Kab. Brebes, Penyerahan Kenang-kenangan, dan Penutupan Dalam sambutannya Ketua LPPM UMUS Brebes, menyampaikan rasa terima kasih kepada segenap pihak di desa-desa maupun kecamatan di Songgom sehingga mahasiswa UMUS Brebes dapat melaksanakan kegiataan KKN. Selain itu, ketua LPPM juga menyampaikan pencapaian yang sudah dilakukan mahasiswa KKN dan tim LPPM UMUS Brebes selama 40 hari kegiatan KKN.

Acara selanjutnya adalah sambutan Rektor UMUS Brebes, Dr. Roby Setiadi, S.Kom., M.M. Beliau menyampaikan bahwa UMUS Brebes senantiasa siap untuk membantu dan menyelesaikan permasalahan yang ada di kecamatan Songgom. Meskipun sudah tidak dalam program KKN 2019, UMUS Brebes tetap siap melayani dan memfasilitasi jika keahlian dan peran dari UMUS Brebes tetap diperlukan di kecamatan Songgom. Salah satu implementasinya adalah adanya Klinik UMUS yang nantinya dapat digunakan untuk berkonsultasi baik masyarakat, aparatur desa, maupun aparatur kecamatan jika ingin berkonsultasi terkait keilmuan yang ada di UMUS Brebes

Penarikan KKN UMUS Brebes 2019, dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Baperlitbangda Kab. Brebes. Disampaikan prestasi dan prestasi yang telah diraih oleh Kab. Brebes selama beberapa tahun terakhir, termasuk terpilih sebagai kawasan pengembangan industri Jawa Tengah bagian Barat dan beberapa penghargaan yang didapat. Selain itu, disampaikan juga rencana ke depan Kab. Brebes yang dimungkinkan sekali akan melibatkan langsung masyarakat desa dan insan pendidikan.

Sebelum dilakukan penutupan acara penarikan mahasiswa KKN UMUS Brebes 2019 di Kec. Songgom, terlebih dahulu diberikan kenang-kenangan kepada Kepala Desa yang ada di kecamatan Songgom sebagai bentuk apresiasi.

Acara ditutup dengan expo dan pameran stand kerjasama mahasiswa KKN dan masyarakat desa di kecamatan Songgom.