Ketua LLDikti VI memberikan Orasi Ilmiah di Wisuda Ke-2 UMUS dan Melaunching Aplikasi Android Sistem Akademik Universitas Muhadi Setiabudi

Universitas Muhadi Setiabudi (UMUS) menggelar acara ” Wisuda Sarjana ke-2 dan di Gedung Auditorium UMUS, Brebes (24 April 2019) bagi 163 wisudawan terdiri dari 152 lulusan program sarjana dan 11 lulusan program Diploma III   Wisuda tahun ini menjadi istimewa karena dihadiri oleh Walikota Tegal dan Ketua LLDikti VI Prof. Dr. DYP. Sugiharto, M.Pd. Kons sekaligus mengisi Orasi Ilmiah ”Lulusan Universitas Muhadi Setiabudi menghadapi Revolusi Industri 4.0”, dalam kesempatan ini Ketua LLDikti menyampaikan “Bahwa Universitas Muhadi Setiabudi tidak perlu berkecil hati ataupun minder sebagai Universitas Swasta yang baru karna terbukti UMUS telah mampu menjadi kampus dengan akreditasi tercepat yang artinya UMUS sangat bisa bersaing dengan kampus lain baik negeri dan swasta. Kemudian bagi lulusan atau wisudawan di ingatkan bahwa mereka memeliki kriteria dan kualifikasi yang sama dengn lulusan perguruan tinggi lainya dengan Ijazah yang resmi dan sah dikeluarkan sebagai salah satu bukti legalitas atas kualitas, kuantitas dari pendidikan lulusan”.


Rektor UMUS  Dr. Roby Setiabudi, S.Kom., M.M. juga menambahkan nilai penting alumni yang sudah mereka dapatkan sejak bangku kuliah yaitu menjadi pribadi yang religius memiliki kepedulian sosial, unggul dan profesional sehingga dapat terus relevan dengan pergerakan zaman ini. Ia menambahkan, “Tantangan paling besar adalah cara pandang kita sendiri. Apakah kita membiarkan aspek psikologis dan emosional menguasai kita dalam menghadapi transformasi industrasi.” “Jadi, ditengah perubahan dunia yang begitu masif ini, kita bersama dituntut mengorbankan kemapanan psikologis. Kita perlu secara sadar melekatkan ‘rasa lekat tak teratur’ yang selalu menggumuli kita sebagai manusia,”sambungnya.

Seperti tradisi-tradisi sebelumnya wisuda UMUS memberikan penghargaan kepada  wisudawan berprestasi baik dengan penilaian; prestasi akademis lulus tepat waktu, tidak pernah mendapatkan nilai D dan E tiap mata kuliah dan aktif dalam organisasi kemahasiswaan. Selain memiliki kepribadian baik penerima penghargaan prestasi akademis juga memiliki IPK minimal 3,71  Salah satu penerima penghargaan lulusan terbaik adalah Fitriyani, Wisudawan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar dengan IPK 3.84.  menjadi putri dari ibu yang bekerja sebagai TKI di Arab Saudi dan lulusan paket C setara SMA tidak menjadikan dia menyerah untuk menjadi yang terbaik dari teman-teman kuliahnya. Sebagai wisudawan terbaik fitri diberikan kesempatan untuk mewakili wisudawan menyampaikan kesan dan pesan dan harapannya mewakili anak muda Indonesia.  “Atas keberanian para pahlawan reformasi kita mendapatkan hidup berbangsa dan bernegara yang lebih baik, itu semua berkat nilai melayani demi penegakan keadilan,” ujarnya. “Tugas kita sebagai salah satu dari 3 persen dari seluruh penduduk Indonesia yang bisa menjadi sarjana adalah menjadi sekrup-sekrup kecil, komponen yang terbaik untuk menjaga kapal besar Indonesia. Kita harus mampu membantu saudara-saudara kita untuk mengenyam pendidikan yang lebih baik dan menciptakan dunia yang lebih baik, bahwa wisuda bukanlah akhir dari perjuangan namun merupakan awal dari perjuanganya yang sesungguhnya untuk dapat megabdi dan berguna bagi bangsa, negara, agama, dan masyarakat secara keseluruhan.

Pada wisuda ke 2 Rektor UMUS bersama Ketua LLDikti melaunching SIMAK, Sistem Manajemen Akademik yang terintegrasi multi platform untuk membantu mengelola mahasiswa, tugas, kelas, mata kuliah, jadwal, dll serta dilengkapi fitur monitoring bagi Wali mahsiswa untuk terus dapat memantau prestasi putra-putri dalam seluruh kegiatan universitas. Software yang dikembangkan untuk kegunaan multi platform yang sesuai dengan tren dan kebutuhan saat ini.

Adapun fitur-fitur yang diusung menjadi Android.

  • Informasi Mahasiswa
  • Mahasiswa Naik Semester “promote up”
  • Mengelola Dosen dan orang tua
  • Mengelola kelas, bagian
  • Silabus Akademik dan Mengisi SKS
  • Mengelola Kehadiran Harian
  • Mengelola ujian dan tanda
  • Mengirimkan tanda ujian kepada orang tua melalui SMS
  • Membuat faktur Tunggal dan Pembayaran Mahasiswa
  • Mengelola biaya
  • Mengelola buku, transportasi dan asrama
  • Pesan Pribadi di antara pengguna
  • Pengaturan sistem
  • Mengubah Password

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *