Optimasi Pemberdayaan Berbasis Riset UMUS Melepas Peserta KKN Ke 4 Tahun 2019

Universitas Muhadi Setiabudi (UMUS), Brebes kembali menyelenggarakan program pelepasan 130 mahasiswanya untuk menjalani Kuliah Kerja Nyata (KKN) di masyarakat. Mereka merupakan mahasiswa peserta KKN angkatan ke-4 yang diberangkatkan ke 11 Desa Kabupaten Brebes. Hadir dalam acara ini, Rektor UMUS Dr. Roby Setiadi, S.Kom., M.M., Staf Ahli Bupati Brebes bidang Kesra, Kepala Dinas Baperlitbangda Brebes Dr. Drs. Angkatno, S.H., M.Pd.

Rektor UMUS  menyebutkan, pelepasan mahasiswa peserta KKN angkatan ke-4 ini mengangkat tema “Optimasi Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Riset”. Selanjutnya mereka akan menjalani KKN selama 1 bulan. Kami berharap mahasiswa KKN dapat mengikuti dengan seksama supaya memahami benar makna KKN dan dapat mengaktualisasikan ilmu pengetahuan yang didapat di kampus kepada masyarakat. “UMUS membangun desa berarti bahwa mahasiswa UMUS akan membangun desa. Membangun desa atau daerah yang menjadi tempat pelaksanaan KKN. Mengaktualisasikan ilmu di desa, menjaga citra diri dan nama baik UMUS. Oleh karena itu, perlu dengan saksama memahami makna KKN ini supaya tidak keliru,”

Ketua LPPM UMUS, Dr Moh. Toharudin, M.Pd., mengatakan KKN di UMUS waktu demi waktu selalu mengalami perubahan tentang kegiatan KKN maupun program-program KKN terutama Program yang menjadi Pembeda KKN UMUS dengan KKN Perguruan Tinggi (PT) lainnya. Lebih lanjut ia mengatakan, selain itu mahasiswa KKN harus bisa mengangkat potensi disetiap desa masing-masing. “Kemarin kalian sudah dibekali pelatihan dan bimbingan teknis untuk dapat mengangkat potensi yang ada di setiap desa yang kalian temui di masing-masing lokasi KKN,” pungkasnya.

Dalam kesempatan ini, Staf Ahli Bupati sempat menggalungkan tanda peserta kepada perwakilan KKN. Usai dilepas selanjutnya mereka akan berangkat di lokasi tempat mereka akan mengabdi selama sebulan lebih. Pada kesempatan itu juga beliau menyampaikan, bahwa mereka yang melaksanakan KKN Gelombang IV ini untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat. Ia juga mengingatkan agar tetap menjaga nama baik Universitas Muhadi Setiabudi selama melaksanakan KKN di tempat masing-masing.

Di tempat yang sama Kadis Baperlitbangda Brebes berharap pada saat mahasiswa menjalankan tugas KKN untuk selalu bersinergi dengan Pemerintah.”Kami berharap kepada mahasiswa bisa mengsinergikan dengan Pemerintah setempat dalam melaksanakan program kegiatan dengan melakukan koordinasi dengan pihak kelurahan. “Mereka rata-rata mau membuat program pemberdayaan masyarakat termasuk rencana sosialisasi,”