Kunjungan Kapolres Brebes ke Universitas Muhadi Setiabudi

Sebagai bagian dari masyarakat Brebes, Universitas Muhadi Setiabudi Brebes selalu berusaha memberikan peran positif dan menjadi solusi bagi permasalahan yang ada. Salah satu masalah yang ada di dalam hal keamanan dan tata tertib dalam masyakarat. UMUS Brebes senantiasa berusaha memberikan rasa aman dan nyaman bagi mahasiswa, civitas akademika, dan masyarakat sekitar sehingga kegiatan belajar mengajar, penelitian dan pengabdian masyarakat bagi dosen dapat berjalan dengan lancar.

Hal ini senada dengan visi Kepolisian Republik Indonesia, yaitu “terwujudnya pelayanan keamanan dan ketertiban masyarakat yang prima, tegaknya hukum dan keamanan dalam negeri yang mantap serta terjalinnya sinergi polisional yang proaktif”. Dalam rangka mewujudkan visinya, Polres Brebes senantiasa aktif melakukan sosialisasi, kerjasama, dan pendekatan kepada masyarakat. Salah satunya adalah masyarakat dan insan pendidikan yaitu di lingkungan sekolah dan perguruan tinggi.

UMUS menjadi salah satu instansi yang menjadi fokus Polres Brebes. Hal ini dikarenakan UMUS merupakan kampus terbesar dan terbaik di Kabupaten Brebes. Bentuk pendekatan dan kerjasama yang dilakukan diawali dengan kunjungan Kapolres Brebes, AKBP Aris Supriyono. Kunjungan dilakukan pada hari Jumat, 4 Oktober 2019. Kunjungan tersebut langsung diterima oleh Rektor UMUS Brebes, Dr. Roby Setiadi, S.Kom., M.Kom.

Dalam kunjungan tersebut, didiskusikan bersama tentang peningkatan keamanan dan ketertiban di lingkungan Brebes, mengingat akhir-akhir ini terdapat beberapa kejadian yang berdampak pada keamanan dan ketertiban umum baik secara nasional maupun lokal kab. Brebes. Dengan adanya kerjasama yang baik antara kepolisian dan insan perguruan tinggi, diharapkan insan pendidikan dapat memberikan pengaruh dan contoh positif dalam bermasyarakat sehingga keamanan dan ketertiban umum lebih terjaga.

Selain itu, dibahas juga tentang perkembangan Brebes saat ini, seperti dipilihnya Brebes menjadi sentra pengembangan kawasan industri untuk Jawa Tengah bagian barat. Kawasan industri yang nantinya diharapkan akan dapat mengangkat IPM masyarakat Brebes yang masih dibilang di jajaran IPM terendah kabupaten di Jawa Tengah. Namun hal ini juga menjadikan tantangan tersendiri karena semakin maju masyakarat, tantagan yang dihadapi akan semakin besar karena pola pikir dan kehidupan masyarakat yang akan banyak berubah.

Sebagai penutup, kedua belah pihak yaitu Polres Brebes dan UMUS Brebes berharap bahwa dengan adanya kedekatan, singergi, dan kerjasama yang baik antara perguruan tinggi dan kepolisian, akan memberikan dampak positif bagi masyakarat.