Kerjasama UMUS Brebes dan Kementrian Perindustrian dan Tenaga Kerja Kab. Brebes Selenggarakan Workshop Peningkatan Kinerja UMKM

Universitas Muhadi Setiabudi Brebes bekerjasama dengan Kementerian Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Brebes mengadakan workshop bagi para pelaku UMKM di Kab. Brebes. Workshop yang diadakan mengusung tema “Peningkatan Kinerja UMKM Kab. Brebes dari Perspektif Sumber Daya Manusia”. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal Selasa, 13 Agustus 2019 bertempat di Ruang Senat Universitas Muhadi Setiabudi (UMUS) Brebes.

UMKM merupakan salah satu pilar dalam perekonomian Indonesia dan merupakan tulang punggung sistem perekenomian kerakyatan. UMKM juga merupakan salah satu usaha yang jumlahnya sangat besar di Indonesia. UMKM memegang peranan yang sangat penting bagi perekonomian Indonesia, atau bahkan dunia. Beberapa peran UMKM di antaranya pengentasan kemiskinan, pemangkas gap antara ekonomi miskin dan ekonomi kaya, penyedia lapangan pekerjaan, dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Di Kabupaten Brebes, UMKM mencapai angka 15.000-an, namun jumlah yang terdaftar dan berizin baru sekitar 6.000-an UMKM. Hal ini menjadi perhatian tersendiri mengingat pentingnya peran UMKM. Oleh karena itu, Universitas Muhadi Setiabudi Brebes lewat Fakultas Ekonomi dan Bisnis bekerja sama dengan Kementerian Perindustrian dan Tenaga Kerja mengadakan workshop bagi UMKM.

Workshop ini dimaksudkan agar para pelaku UMKM lebih teredukasi dalam menjalan UMKMnya. Mulai dari proses produksi, pemasaran, sampai dengan inovasi yang harus dilakukan. Salah satu concern utama adalah pada aspek Sumber Daya Manusia.

Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan aspek yang sangat penting dalam pengelolaan UMKM. SDM menjadi faktor utama bergeraknya UMKM. Oleh karena itu, penanaman pentingnya manajemen dan pengelolaan SDM secara efektif dan efisien menjadi keharusan. Dari SDM yang berkualitas, akan menjadikan kinerja suatu UMKM menjadi lebih optimal.

Workshop dihadiri oleh sekitar 60 pelaku UMKM di Kab. Brebes. Workshop dimulai pukul 09.00 sampai 16.00. Workshop dibuka oleh MC dan diisi sambutan oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik sekaligus Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhadi Setiabudi, Drs. H. Mukson, M.M., M.Pd. Pembicara pada acara kali ini adalah perwakilan Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kab. Brebes, Rektor Universitas Muhadi Setiabudi Brebes, dan Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Terlampir beberapa hasil dokumentasi acara Workshop Peningkatan Kinerja UMKM Kab. Brebes dari Perspektif Sumber Daya Manusia.