FAKULTAS SAIN DAN TEKNOLOGI UNIVERSITAS MUHADI SETIABUDI (UMUS) BREBES MENJALIN KERJASAMA DENGAN FAKULTAS TEKNOLOGI PERTANIAN (FTP) UGM

 

Yogyakarta, Fakultas Sain dan Teknologi Universitas Muhadi Setiabudi (UMUS) Brebes menjalin kerjasama dengan Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) UGM pada tanggal 19 September 2019 di Auditorium FTP UGM yang bertepatan dengan Dies Natalis FTP UGM yang ke-56.

 

Fakultas Sain dan Teknologi Universitas Muhadi Setiabudi (UMUS) Brebes memiliki dua program studi S1 yaitu S1 Agribisnis dan S1 Teknologi Pangan, yang merupakan program studi unggulan yang mampu mencetak lulusan yang memiliki jiwa Food Technopreneur.

“Melalui kerjasama dengan Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) UGM diharapkan dapat mendongrak mutu pendidikan dan mutu lulusan di Fakultas Sain dan Teknologi (FSaintek) UMUS Brebes. Disamping itu 50% dosen FSaintek UMUS merupakan alumni dari UGM, sehingga memudahkan proses transfer knowlegde dan Technology di mahasiswa FSaintek UMUS” kata Pak Wadli, S.TP.,M.Si Dekan FSaintek UMUS.

Kerjasama ini juga untuk mendrongkak kegiatan penelitian yang spesifik pada pengolahan sumber daya local di Brebes, serta deseminasi hasil penelitian dalam bentuk pengabdian masyarakat atau dalam bentuk seminar nasional atau internasional yang bisa dikerjakan oleh kedua lembaga. Poin penting lain yang disepakati dalam kerjasama ini yaitu program pembinaan baik dari kurikulum atau mobilitas dosen sepeti Guru Besar FTP UGM memberikan kuliah tamu atau program dosen magang. Kegiatan-kegiatan kemahasiswaan juga diharapkan bisa berkolaborasi baik BEM FTP UGM dan BEM Fsaintek sehingga bisa menimbulkan kreatifitas-kreatifitas baru dalam pemanfaatan sumberdaya lokal Brebes.

“Pada tahun 2019 Kabupaten Brebes sudah ditetapkan sebagai kawasan industri di Jawa Tengah salah satu bidang yang akan berkembang adalah industri makanan. Maka dengan kerjasama ini bisa menjadi pola kolaborasi dalam membangun Brebes secara nyata” Kata Dr. Roby Setiadi Selaku Rektor UMUS pada acara penandatangan MoU tersebut.