Factory Visit Teknik Informatika UMUS Brebes ke PT Indofood CBP Cirebon

Program studi Teknik Informatika merupakan salah satu program studi di Fakultas Teknik, Universitas Muhadi Setiabudi. Program studi Teknik Informatika sudah terakreditas B oleh BAN-PT sejak April 2019.

Program studi Teknik Informatika selalu berkomitmen untuk menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas dan memiliki kompetensi lebih baik dalam hal akademik maupun soft skill lain. Upaya untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi selalu dilakukan. Salah satu upayanya adalah factory visit.

Factory visit merupakan kegiatan kunjungan ke suatu perusahaan/ instansi untuk menggali pengetahuan tentang cara kerja di perusahaan/ instansi tersebut. Dengan factory visit, diharapkan mahasiswa lebih mempunyai pengalaman dengan mengamati secara langsung proses yang terjadi dalam dunia industri. Pada tahun 2019, program factory visit dilakukan ke PT Indofood CBP Sukses Makmur Cirebon.

PT Indofood CBP Sukses Makmur Cirebon merupakan perusahaan yang tergabung dalam Indofood Group. PT Indofood CBP Cirebon berfokus pada pembuatan segala jenisĀ  mie yang dipasarkan oleh Indofood. Mulai dari mie rebus, mie goreng, sampai mie cup. Sedangkan untuk produk lain seperti makanan, penyedap rasa, minuman, atau cemilan, di produksi oleh anak perusahaan Indofood yang lain. PT Indofood CBP Cirebon berfokus pada pemasaran di wilayah III Jawa Barat meliputi Cirebon, Indramayu, Kuningan, dan Majalengka, dan beberapa kabupaten di provinsi Jawa Tengah seperti Brebes, Tegal, dan Purwokerto.

Meskipun PT Indofood CBP Cirebon berfokus pada proses produksi mie, namun program studi Teknik Informatika menjadikan perusahaan ini sebagai tujuan factory visit. Hal ini dikarenakan, meski fokusnya ke produksi mie, namun ada proses dari persiapan bahan sampai pemasaran yang berkaitan dengan Teknik Informartika. Beberapa fokus dari factory visit yang dilakukan dan berkaitan adalah tentang Supply Chain Management (SCM), Production Control, Maintenance System, dan Promosi di Dunia Digital.

Acara factory visit ini dilaksanakan pada tanggal 16 Juli 2019 dan diikuti oleh mahasiswa Teknik Informatika semester 2, 4, dan 6. Selain itu, didampingi juga oleh beberapa dosen, ketua program studi, dan wakil rector II. Acara dilaksanakan jam 10 sampai jam 12.

Acara dimulai dengan pemaparan tentang standard operating procedure (SOP) keamanan dan pengamanan di dalam pabrik. Selanjutkan dilakukan pemaparan tentang produk, strategi pemasaran, dan penjelasan proses produksi dari awal persiapan bahan sampai pemasaran. Acara dilanjutkan dengan observasi langsung melihat proses produksi. Sebelum acara ditutup dengan acara pemberian cindera mata dari Teknik Informatika ke PT Indofood CBP Cireon, terlebih dahulu dilakukan diskusi terkait hasil pemaparan maupun bertukar pikiran.

Berikut adalah beberapa hasil dokumentasi kegiatan Factory Visit oleh Teknik Informatika UMUS Brebes ke PT Indofood CBP Sukses Makmur Cirebon.