UMUS

AKREDITASI B

Entrepreneur, Profesional, Inovatif
dan Kearifan Lokal (EPIK)

UMUS TV
ALUMNI

LPPM UMUS GANDENG BRIN ADAKAN WORKSHOP PENELITIAN DAN PENGABDIAN

UMUS – Dalam upaya meningkatkan kuantitas dan kualitas Hibah Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilakukan Dosen di lingkungan Universitas Muhadi Setiabudi (UMUS) di Tahun 2023 nanti, LPPM UMUS menyelenggarakan  Workshop Penyusunan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Kamis (22/12) secara luring di Ruang Rapat Gedung P UMUS.

Kegiatan yang dihadiri oleh Rektorat dan Dekanat UMUS beserta jajarannya dan para dosen pengusul hibah penelitian dan pengabdian kepada masyarakat tahun 2023 serta narasumber, Prof. Dr. Ocky Karna Radjasa, M.Sc. selaku Kepala Organisasi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dan Prof. Dr. Muji Setiyo, M.T. selaku Guru Besar UNIMA

Workshop dibuka oleh Dr. Roby Setiadi, S.Kom., M.M. selaku Rektor UMUS sebelumnya kegiatan dimulai dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya, dilanjutkan dengan pemberian sambutan dari Kepala LPPM  Prasetyo Yuli Kurniawan, M.Pd. Dalam sambutannya, beliau mengatakan bahwa workshop ini merupakan rangkaian dari kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat UMUS Tahun 2022. Pada Tahun ini, UMUS mendanai 18 judul penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan berbagai skim. Skim penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat yang terbaru adalah skim penelitian dan skim pengabdian kepada masyarakat. Beliau berharap dengan mendatangkan narasumber ada penjelasan bagaimana membuat produk paten sebagai hasil penelitian. Akhirnya beliau menyampaikan terima kasih kepada pimpinan Rektorat, reviewer, dosen peneliti dan pelaksana kegiatan pengabdian kepada masyarakat, narasumber, serta seluruh panitia yang telah membantu menyukseskan kegiatan Workshop ini.

Selanjutnya, Dr. Roby juga memberikan sambutan sekaligus membuka acara. Rektor mengatakan bahwa kegiatan ini adalah kegiatan awal dari rangkaian kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dimulai dari sosialisasi pedoman dan upload proposal. Rektor berharap semua produk dan luaran nantinya diselesaikan dengan baik karena akan menjadi salah satu pertimbangan lolos atau tidaknya pengajuan proposal kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat tahun 2023. Rektor juga mengingatkan dosen agar mempersiapkan proposal untuk tahun 2023, karena akan dibuka pada Februari 2023 agar Bulan Maret 2023, dapat segera disahkan dalam Surat Keputusan Rektor. Adapun rencana penelitian berdasarkan rumpun bidang ilmu dengan nilai dana yang lebih besar agar dapat menghasilkan luaran artikel terindeks Scopus atau kembali ke model semula, yakni penelitian per individu akan didiskusikan kembali dengan para Koordinator Program Studi. Hal ini dikarenakan jumlah penelitian akan berbanding lurus dengan nilai akreditasi.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Prof. Dr. Ocky Karna Radjasa, M.Sc. selaku Kepala Organisasi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Beliau menyampaikan hal hal yang berkaitan dengan konsep pendanaan penelitian dari BRIN, serta kekayaan intelektual seperti hak cipta, paten, merk dagang, khususnya kekayaan intelektual untuk bidang social humaniora. Sedangkan Prof. Dr. Muji Setiyo, M.T. selaku Guru Besar UNIMA memaparkan kiat sukses lulus pendanaan Hibah Kemendikbudristek dan bagimana seorang dosen dapat memanfaatkan hibah tersebut untuk meningkat jabatan fungsional dan hasil riset yang harus bisa memberikan kontribusi kepada masyarakat. (AB).

Leave a Reply

Your email address will not be published.