LPPM UMUS Luncurkan Aplikasi e-KKN Guna Menunjang KKN Daring

Satu lagi inovasi yang diluncurkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UMUS Brebes aplikasi berbasis web untuk menunjang kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN), e-KKN. Aplikasi ini dirancang oleh dosen UMUS Prodi Teknik Informatika, Agyztia Premana, M.Kom. beserta Tim LPPM.

e-KKN memudahkan bagi dosen pembimbing lapangan (DPL) untuk memonitor kegiatan program kerja (proker) yang dilakukan oleh mahasiswa, apakah proker tersebut berjalan atau tidak. Dalam pelaksanaannya dapat berjalan efektif dan efisien menggunakan sistem e-KKN. Efektif dalam arti dapat dicapainya maksud dan tujuan dilaksanakannya Kuliah Kerja Nyata sehingga dapat mengurangi bahkan sedapat mungkin menghilangkan kegiatan yang sia-sia dan merugikan.

Baca juga : Pembekalan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mahasiswa Universitas Muhadi Setiabudi

Aplikasi e-KKN hanya dapat diakses oleh DPL dan mahasiswa, masing-masing mempunyai username dan password untuk masuk ke aplikasi tersebut. Berikut tampilan laman yang ada di e-KKN.

Laman dashboard dosen pembimbing lapangan

DPL akan memvalidasi nama mahasiswa yang menjadi bimbingannya dan daftar proker dari mahasiswa apakah sudah layak dilakukan atau ada yang perlu diperbaiki. Melalui aplikasi ini DPL dan mahasiswa KKN dapat melakukan bimbingan secara daring (dalam jaringan).

Laman daftar konsultasi mahasiswa dan DPL

e-KKN direncanakan akan dibuat versi android yang lebih user friendly tentunya. Selain e-KKN, LPPM UMUS akan meluncurkan satu aplikasi lagi guna menunjang kegiatan pengabdian pada masyarakat, SP3i LPPM (Sistem Pelaporan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Internal). Kita tunggu gebrakan berikutnya…!!