Tips Menghindari Plagiarism saat menulis!

BLOG DOSEN – Laporan oh laporan satu kata yang kadang membuat seseorang terpaksa menulisnya, meskipun sebenarnya kita bisa menulisnya tanpa mencontek atau menjiplak karangan orang lain, BTW disini saya ingin memposting tips tentang plagiasi (sudah banyak yang tau) saya hanya mengedit beberaa pengetahuan yang saya dapat dari apa saya baca di beberapa media daring. ENJOYY!!!

Plagiarism atau sering disebut plagiat adalah penjiplakan atau pengambilan karangan, pendapat, dan sebagainya dari orang lain dan menjadikannya seolah karangan dan pendapat sendiri. Menurut Peraturan Menteri Pendidikan RI Nomor 17 Tahun 2010 dikatakanyan bahwa “Plagiat adalah perbuatan sengaja atau tidak sengaja dalam memperoleh atau mencoba memperoleh kredit atau nilai untuk suatu karya ilmiah, dengan mengutip sebagian atau seluruh karya dan atau karya ilmiah pihak lain yang diakui sebagai karya ilmiahnya, tanpa menyatakan sumber secara tepat dan memadai”.

BLOG DSEN - PLAGIASI

Lingkup pada Plagiarism:

  1. Mengutip kata-kata atau kalimat orang lain tanpa menggunakan tanda kutip dan tanpa menyebutkan identitas sumbernya.
  2. Menggunakan gagasan, pandangan atau teori orang lain tanpa menyebutkan identitas sumbernya.
  3. Menggunakan fakta (data, informasi) milik orang lain tanpa menyebutkan identitas sumbernya.
  4. Mengakui tulisan orang lain sebagai tulisan sendiri.
  5. Melakukan parafrase (mengubah kalimat orang lain ke dalam susunan kalimat sendiri tanpa mengubah idenya) tanpa menyebutkan identitas sumbernya.
  6. Menyerahkan suatu karya ilmiah yang dihasilkan dan /atau telah dipublikasikan oleh pihak lain seolah-olah sebagai karya sendiri.

Berikut ini beberapa tipe plagiarism atau plagiat yang banyak dilakukan:

  1. Word for word Plagiarism. Penulis menggunakan kata-kata penulis lain (persis) tanpa menyebutkan sumbernya.
  2. Plagiarism of Source. Penulis menggunakan gagasan orang lain tanpa memberikan pengakuan yang cukup (tanpa menyebutkan sumbernya secara jelas).
  3. Plagiarism of Authorship. Penulis mengakui sebagai pengarang karya tulis karya orang lain.
  4. Self Plagiarism. Termasuk dalam tipe ini adalah penulis mempublikasikan satu artikel pada lebih dari satu redaksi publikasi. Dan mendaur ulang karya tulis/ karya ilmiah. Yang penting dalam self plagiarism adalah bahwa ketika mengambil karya sendiri, maka ciptaan karya baru yang dihasilkan harus memiliki perubahan yang berarti. Artinya Karya lama merupakan bagian kecil dari karya baru yang dihasilkan. Sehingga pembaca akan memperoleh hal baru, yang benar-benar penulis tuangkan pada karya tulis yang menggunakan karya lama.

TIPS AGAR TERHINDAR DARI PLAGIASI:

  1. Menyitir langsung  adalah menyalin seluruh isi paragraf, seluruh kalimat atau (beberapa) frasa secara langsung dan menuliskannya. Teknik menyitir secara langsung ini juga merupakan salah upaya untuk menghindari terjadinya kesalahan penafsiran terhadap sumber asal, misalnya seperti pada produk hukum (Undang-undang), Rumus matematika, rumus statistika, astronomi, dalil, teori.
  2. Parafrasa adalah suatu upaya menyampaikan kembali suatu pernyataan, baik berupa dari satu paragraf atau satu kalimat, menjadi bentuk paragraf atau kalimat lain tanpa merubah makna (ide/gagasan) yang terkandung di dalamnya. Prafrasa bisa dilakukan dalam satu bahasa atau menurut bahasa satu ke bahasa lain (diterjemahkan dan langsung diparafrasakan). parafrasa dapat dilakukan dengan cara merubah atau mengganti struktur kalimat seperti penggunaan kalimat sinonim, merubah kalimat dari aktif ke pasif dan merubah kata sambung dengan kalimat atau kata yang setara
  3. Menggunakan aplikasi parafrasa online, akan tetapi Parafrasa tidak dapat dilakukan sepenuhnya dengan menggunakan alat ini, karena dapat menghasilkan kalimat-kalimat yang tidak bermakna atau sukar dipahami, tetapi perangkat ini hanya berperan sebagai saja, contohnya sebagai berikut: https://www.prepostseo.comhttps://paraphrasing-tool.comhttp://www.goparaphrase.com, #JANGANSUNGKANNULISyaGAES.

DOSEN TEKNIK INFORMATIKA

AGYZTIA PREMANA

UNIVERSITA MUHADI SETIABUDI

Referensi

Avatar

UMUS

Read Previous

Piknik dari rumah #Covid19

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *