Dampak Pandemi #Covid19

Oleh : Agyztia Premana Dosen Prodi Teknik Informatika.

BLOG DOSENMasyarakat indonesia diminta melakukan karantina mandiri paling tidak selama 14 hari demi meredam meredam penyebaran pandemi virus Corona penyebab COVID-19. Dalam kebijakan karantina mandiri itu, termasuk melakukan kegiatan bekerja, belajar, dan beribadah di rumah. Anjuran untuk tetap di rumah (#dirumahsaja) sebisa mungkin selalu dipatuhi agar penyebaran Corona tidak makin meluas dan segera berhenti. Hanya, tidak sedikit dari kita yang merasa bosan lantaran harus tetap di rumah selama masa karantina.

Apa lagi bagi mereka yang dalam kesehariannya sering melakukan kegiatan di luar rumah maupun senang bertemu dengan orang banyak. Meski berpotensi menimbulkan kebosanan maupun gangguan kesehatan mental, tentu ada sisi baik dari masa karantina mandiri ini.

Walaupun saat ini kegiatan dilakukan di tempat masing-masing, kegiatan akademik dan rapat serta perkuliahan di kampus Universitas Muhadi Setiabudi tetap berlangsung dan dilakukan secara Daring menggunakan fasilitas yang disediakan oleh UMUS bekerjasama dengan institusi-institusi lain.

Seluruh dosen Universitas Muhadi Setiabudi sudah tergabung dalam simak.umus.ac.id dimana dosen menggunakan sistem yang dikembangkan untuk memberikan materi dan tugas bagi mahasiswa. Namun dosen juga diberi kebebasan untuk menggunakan platform lain seperti Google Class Room, Micrsooft Class/Team dll. Untuk  perkuliahan tatap muka, rapat, bimbingan dan aktivitas lainnya dilakukan menggunakan aplikasi meeting seperti Zoom, Google Meet, WA dll.

Untuk bimbingan tugas akhir, skripsi, tesis dan disertasi juga dilaksanakan secara online, dan pelaksanaan ujian proposal, ujian tugas akhir, ujian tesis, ujian finalisasi, ujian tertutup dan ujian terbuka disertasi untuk sementara waktu ditunda sampai ada pemberitahuan selanjutnya. Diantaranya, penundaan terhadap seluruh aktifitas, melakukan perilaku hidup sehat, serta mengkonsumsi makanan sehat, dan lebih sering mencuci tangan menggunakan sabun atau sanitizer.

Avatar

UMUS

Read Previous

Kongres ABKIN 2019, Mempererat dan Mensinergikan Peran Sekolah dan Universitas

Read Next

Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2020/2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *