UMUS Adakan Pelatihan Penulisan PKM 5 Bidang yang Berdaya Saing

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) merupakan program dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen DIKTI) untuk menumbuhkan, mewadahi, dan mewujudkan ide kreatif serta inovatif mahasiswa. PKM memberikan dampak terhadap peningkatan prestasi mahasiswa dan prestasi perguruan tinggi dalam pemeringkatan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Sejak diluncurkannya, PKM memperoleh respon positif, baik di kalangan mahasiswa maupun pimpinan perguruan tinggi. Hal ini tercermin dari bertambah banyaknya jumlah perguruan tinggi yang berpartisipasi dan proporsal yang diunggah mahasiswa.

Dalam upaya mengakomodasi perkembangan ide kreatif dan inovatif mahasiswa, PKM terus dikembangkan dan disempurnakan sehingga mahasiswa mampu mengantisipasi, memahami bahkan berkontribusi untuk mewujudkan tujuan kehidupan dunia yang dicanangkan PBB dalam 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) tahun 2015-2030. PKM juga dirancang untuk mengadopsi teknologi digital yang telah merasuki nyaris di semua sendi kehidupan, oleh karena itu, mulai tahun 2019 diperkenalkan satu bidang baru PKM yaitu PKM-GFK atau PKM-Gagasan Futuristik Konstruktif.

Dengan hadirnya bidang PKM-GFK, maka pada Pedoman PKM 2018 memuat tiga kategori PKM, yakni: 1) PKM 5 Bidang; 2) PKM-KT dan 3) PKM-GFK. Untuk mempermudah pemahaman perbedaan bidang-bidang PKM yang ada, dan untuk meyesuaikan dengan kondisi lingkungan, Pedoman PKM 2018 disempurnakan menjadi Pedoman PKM 2020.

Untuk mendongkrak jumlah dan pembekalan penyusunan proposal PKM 2020 UMUS Brebes menyelenggarakan Pelatihan Penulisan PKM 5 Bidang yang Berdaya Saing. Acara tersebut diselenggarakan oleh Wakil Rektor Bidang III Kemahasiswaan dan Kerjasama di Auditorium UMUS Brebes pada 12 Desember 2019.

Sebagai pembicara dalam acara tersebut yaitu Dr. Ir. Endy Suwondo, DEA (Ketua PKM UGM). Dalam pemaparan materi yang diberikan pembicara menyampaikan “Gagalnya proposal PKM karena pengusul tidak membaca dan memahami Pedoman PKM yang terbaru”

Program Kreativitas Mahasiswa sangat mendukung pencapaian indikator kinerja utama (IKU) Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, yaitu meningkatkan jumlah mahasiswa berprestasi. Pencapaian jumlah mahasiswa berprestasi merupakan upaya semua pihak untuk terus konsisten dalam menyelenggarakan program kreativitas mahasiswa dengan baik. Besar harapan dengan pelatihan penulisan PKM 2020 ini dapat semakin meningkatkan jumlah partisipasi mahasiswa UMUS yang lolos dalam PKM 2020.

Avatar

UMUS

Read Previous

UMUS Resmikan Gedung Baru Kampus 2

Read Next

Kongres ABKIN 2019, Mempererat dan Mensinergikan Peran Sekolah dan Universitas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *