Rektor, Wakil Rektor I, dan Wakil Rektor II Umus

Rektor, Wakil Rektor I, dan Wakil Rektor II Universitas Muhadi Setiabudi. Dari kiri ke kanan : Prof. Dr. Ir. H. Taswin Rahman Tagama, S. U ; Drs. Mukson, M. M ; Drs. Maksori, M. M.

Pintu Gerbang Umus

Pintu Gerbang Universitas Muhadi Setiabudi

Pelantikan Rektor Umus

Pelantikan Rektor, Wakil Rektor I, dan Wakil Rektor II Universitas Muhadi Setiabudi

Pelantikan Rektor Umus

Pelantikan Rektor, Wakil Rektor I, dan Wakil Rektor II Universitas Muhadi Setiabudi bersama Bupati Brebes Hj. Idza Priyanti, S. E.

Gedung Rektorat Umus

Gedung Rektorat Universitas Muhadi Setiabudi

Gedung Universitas Muhadi Setiabudi

Gedung Kuliah Universitas Muhadi Setiabudi

Bus Kampus Universitas Muhadi Setiabudi

Staf Universitas Muhadi Setiabudi

 

Mahasiswa Umus KKL di BPIK Semarang

DSCF5192_1

Teknik Sipil UMUS MoU dengan BPIK JATENG

Brebes – Baru baru ini Mahasiswa Fakultas Teknik UMUS Brebes sejumlah 30 mahasiswa Kunjungan kerja Lapangan ke BPIK Semarang, Program Studi Teknik Sipil di sambut oleh Kepala Badan Pengujian dan Informasi Konstruksi (BPIK) Semarang Jawa Tengah, Ir. ANIEK CHANIFAH, M.M. beserta jajarannyadalam rangka MoU dan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) Mahasiswa mahasiswi Teknik Sipil Semester V yang bertujuan memperkenalkan dunia kerja kepada mahasiswa . Persaingan yang ketat, lapangan pekerjaan yang sempit dan kompetisi dan kualitas mutu lulusan adalah penyebab sulitnya mendapatkan pekerjaan, sehingga dengan adanya mata kuliah KKL diharapkan mahasiswa mendapatkan berbagai menu pilihan bidang pekerjaan sesuai yang diminati dan menanamkan jiwa kewira-usaha-an dalam era Masyarakat Ekonomi Asean.

Teknik Sipil Universitas Muhadi Setiabudi Brebes adalah satu-satunya dan bisa dibilang terbanyak mahasiswanya setelah Progdi PGSD dan Ilmu Eksak lainnya di seluruh kampus se Brebes, Tegal, Pemalang,Pekalongan dan tertua. Progdi tersebut mempunyai tenaga pengajar yang rata-rata sedang S3 dan beberapa diantaranya studi di luar negeri seperti UTM (Malaysia). Ditambah lagi para pengajar dari Instansi kedinasan-PU Bina Marga, Pengairan serta Tata Ruang, BPN Kabupaten Brebes dan Tegal serta tenaga pengajar dari kalangan  jasa Konstruksi.

“Kami dan rekan yang ada di BPIK ini selalu mengusahakan yang terbaik dalam menghadapi tantangan global seperti pelayanan, akreditasi laboratorium dan peralatan uji konstruksi yang memenuhi syarat. Sehingga setelah kami perjuangkan, BPIK tidak bergantung lagi dengan lembaga yang lain.BPIK Semarang sudah  ter-akreditasi-A oleh komisi Akreditasi Nasional, artinya kita adalah pusat tempat uji materi konstruksi di seluruh Jawa Tengah. “ Aniek dalam sambutannya.

“Kami akan tunjukan semua peralatan dan cara menguji materi konstruksi dengan segala tingkatannya. Kemudian ini bisa dijadikan bidang pekerjaan lulusan teknik sipil, apakah anda ingin membuka toko material, produksi paving block, mengolah aspal yang lebih rekat,kuat dan masih banyak lagi lainnya. Dan semoga penandatanganan MoU dengan Teknik sipil UMUS Brebes lebih mempunyai nilai lebih dalam menghadapi akreditasi  kampus UMUS terutama Program Studi Teknik Sipil dalam hal Pendidikan Penelitian Maupun Pengabdian Masyarakat” Lanjut beliau.

Dilanjutkan oleh Dekan Fakultas Teknik UMUS Brebes- Abdul Hamid, M.T. ,(C Dr)  yang didampingi sekretaris Dekan Muammar M.Pd bahwa Teknik Sipil UMUS telah banyak berkiprah dalam Pekerjaan Umum di Kabupaten Brebes dan tegal, Sekitar 80 proyek sipil di Kabupaten ini , melibatkan mahasiswa Teknik  Sipil UMUS. Kedepan Teknik  Sipil UMUS akan lebih siap menghadapi tantangan global, dan MEA.  Dengan adanya kunjungan kerja lapangan ini diharapkan kedepan mahasiswa lebih memahami apa apa yang mesti dipelajari dalam ilmu kesipilan yang bukan hanya dari segi materi saja namun juga dipersiapkan untuk dunia kerja.

 

UMUS BREBES BEKERJASAMA DENGAN TIGA INSTUTUSI PENDIDIKAN TINGGI DAN SEKOLAH MENENGAH DI JEPANG

1 2 

Universitas Muhadi Setiabudi (UMUS) melakukan kerja sama internasional dengan 3 institusi pendidikan tinggi dan sekolah menengah di jepang pada tanggal 21 – 26 September 2016.  Ketiga Institusi tersebut langsung membuat Memorandum of Understanding (MoU) dengan UMUS setelah melakukan diskusi mengenai pengembangan pendidikan, kerjasama riset, dan pola pengabdian masyarakat internasional . Tiga instusi tersebut yaitu Hiroshima University, Waku Pro, dan Takeda Senior High School. Pihak Hiroshima University melalui Phoenix Leader Education Program for Renaissance from Radiation Disaster memberikan kesempatan kepada Univeritas Muhadi Setiabudi bekerja sama bidang pendidikan dan penelitian. Pada bidang pendidikan dibahas tentang peluang dosen atau alumni UMUS untuk melanjutkan studi pada jenjang yang lebih tinggi. pada kesempatan itu perwakilan Hiroshima University Prof. Dr. Deguchi langsung menyambut dengan baik keinginan dari UMUS yang yang dihadiri langsung oleh Rektor UMUS Prof. Dr. Tri Jaka Kartana. M.Si. Pada Kesempatan itu juga 5 dosen UMUS yang ikut di Hiroshima University melakukan seleksi akademik dan akhirnya sudah siap melaksanakan studi lanjut pada program P.hD. kelima dosen UMUS berlatar belakang yang berbeda yaitu Akbar Nur Purnama, M.M (Economic and Halal Tourism), Muhamad Hasdar, M.Sc (Science and Food Technologi), Bangun Satrio, M.Si (Agribisnis), Hatmiyarni Tri Handayani, M.Sc (Science and Food Technologi), dan Muhammad Syaifulloh, M.M (Education). Pada bidang penelitian pihak Hiroshima University membuka kesempatan untuk kolaborasi penelitian.

 

Kerja sama kedua yang dilakukan Universitas Muhadi Setiabudi yaitu dengan Waku Pro, Japan.  Waku Pro Japan adalah lembaga riset yang dibiayai oleh Mazda Corporation yang dipimpin oleh Prof. Hayashi Takehiro. Kerjasama tersebut berisikan tentang pertukaran peneliti/tenaga pengajar, kolaborasi riset, mengadakan kuliah umum/seminar/simposium, pertukaran informasi penelitian dan publikasi ilmiah, dan promosi akademik. Pada tahun 2017 Prof. Hayashi Takehiro akan berkunjung ke Brebes untuk menindak lanjuti kesepakatan yang telah di buat.

 

Kerja sama ketiga dilakukan dengan Takeda Senior High School. Kerjasama ini adalah kerjasama pertama yang dilakukan oleh Takeda Senior High School dengan institusi perguruan tinggi. “Kami terbiasa kerjasama dengan level Senior High School di beberapa negara, namun hari ini adalah hari yang spsesial karena kami bekerjasama dengan perguruan tinggi di indonesia” Nokumura Sensei ( Head Office Senior High School ). Pada kerjasama ini langsung diliput oleh TV NHK Jepang. Tujuan dari kerjasama ini yaitu pertukaran guru dan dosen, dimana dosen umus yang bersal dari Fakultas Pendidikan dan Ilmu Keguruan (FKIP) dapat belajar dan meneliti cara mengajar guru di Takeda Senior High School, selain itu mahasiswa UMUS dapat melakukan Praktek Pegalaman Lapangan (PPL) di Takeda Senior High School sehingga ketika menjadi guru di Indonesia, mahasiswa dapat menerapkan metode baru dalam pembelajaran. Termasuk mahasiswa umus dapat belajar budaya dan memperkenalkan budaya indonesia dan terkhusus budaya Brebes.

 

Kerja sama Internasional di tiga institusi tersebut difasilitasi oleh Bapak. Dr. Tuswadi, alumni Hiroshima University. “ini adalah lomptan besar bagi UMUS untuk menjadi terdepan, UMUS Luar biasa cepat dalam menanggapi informasi dan peluang serta cepat dalam bertindak. Seharusnya cara ini dapat ditiru oleh perguruan tinggi lain di Indonesia” ungkap Dr. Tuswadi.

 

 

 

 

DIES NATALIS KE-4 UNIVERSITAS MUHADI SETIABUDI BREBES

 DSCN5865 DSCN5834

DSCN5886

02 Oktober 2016 bertepatan dengan Acara Dies Natalis Universitas Muhadi Setiabudi Brebes

Dalam Acara Dies Natalis Ke-4 ini Universitas Muhadi Setiabudi Mengadakan Acara Syukuran Potong Tumpeng dipimpin Oleh Kepala Yayasan Bpk. DR. (HC) H. Muhadi Setiabudi dan di serahkan Kepada Rektor Universitas Muhadi Setiabudi Bpk. Prof. Dr. Tri Jaka Kartana, M.Si serta dihadiri oleh segenap Civitas Akademika Universitas Muhadi Setiabudi. Penutupan di tutup dengan pembagian Door Prize oleh Wakil Rektor I Bpk. Drs. H. Mukson, MM. M.Pd

Harapan dan doa terpanjatkan dari para tamu dan mahasiswa yang turut hadir di hari perayaan ke-4 tahun ini Salah satunya dari akun twitter @Hanssatria: Met ultah ke-4 Semoga Umus Tambah Jaya Dan Menghasilkan Bibit-2 Unggul yang bermanfanfaat. @IT_umus_brebes: Selalu tetap jadi universitas terbaik di Brebes.

 

 

 

UMUS menjalin kerjasama dengan Universitas Negeri Jakarta (UNJ)

IMG_20160608_090020

Audensi pejabat UMUS dengan Rektor Universitas Negeri Jakarta (UNJ)

 

PBSI UMUS adakan Kerja Sama dengan MGMP Bahasa Indonesia

Bertempat di Auditorium SMP Negeri 2 Kersana, pada hari Senin, 28 Maret 2016, MGMP SMP Bahasa Indonesia Rayon 2 Kec. Tanjung, adakan Kegiatan Diklat Penyusunan PTK dan Penulisan Jurnal Ilmiah. Kegiatan diikuti oleh guru-guru SMP mapel Bahasa Indonesia.

Dalam kegiatan tersebut, Probo Susanto , M.Pd., selaku Ketua MGMP mengundang Dosen FKIP UMUS Brebes untuk berpartisipasi di dalamnya. Dosen praktisi pendidikan dari UMUS terdiri dari Prof. Dr. H. Tri Jaka Kartana, M.Si., Drs. H. Mukson, M.M., Drs. H.M. Agus Purnomo, M.Pd., Moh. Toharudin, M.Pd. dan Slamet Bambang Riono, S.Pd., M.M.

Sebagai pemateri kegiatan, Prof. Dr. H. Tri Jaka Kartana, M.Si., mengatakan bahwa penyusunan PTK bukan hanya memfokuskan pada unsur peningkatan angka atau hasil belajar, tapi juga pada ‘proses’ pembelajaran. Hasil akhirnya, agar PTK yang diteliti dan disusun dapat diterbitkan di Jurnal ber-ISSN.

UMUS Lepas Mahasiswa PPL Guna Cetak Guru

Brebes-Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UMUS melaksanakan acara pelepasan PPL (Praktek Pengalaman Lapangan) angkatan 2013/2014. “Mudah-mudahan selama dua bulan ini, nanti anda akan langsung di pesan kepala sekolah untuk mengajar di tempat tersebut, karena merasa tertarik merekrut anda, karena anda mampu menunjukan kualitas sebagai guru yang sejati” Demikian disampaikan oleh Rektor Universitas Muhadi Setiabudi Prof. Dr. H.Tri Jaka Kartana,M.S.i Saat melakukan sambutan dan pembukaan acara Pelepasan PPL di Gedung Auditorium Universitas Muhadi Setia Budi Brebes, Senin (21/3)

MoU antara Universitas Muhadi Setiabudi dengan Kwarcab Brebes

Bertempat di Auditorium UMUS (Universitas Muhadi Setiabudi) Brebes, pada tanggal 25 Maret 2016 mengadakan MoU (Nota Kesepahaman) antara Kampus UMUS Brebes dengan Kwartir Cabang Brebes. UMUS diwakili oleh Rektor, Prof. Dr. H. Tri Jaka Kartana, M.Si., dan Kwartir Cabang Brebes diwakili oleh Waka Bina Muda, Drs. Budi Adjar Pranoto, S.H., M.M.Pd. Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk mengawali Temu Racana tahunan antara Perguruaan Tinggi Se-Eks Karesidenan Pekalongan.

Kegiatan Temu Racana diikuti oleh tuan rumah Gerakan Pramuka Gudep 15.171 dan 15.172 Racana P. Diponegoro dan R.A. Katini dari pangkalan UMUS Brebes. Pesertanya antara lain perwakilan Reka dari Racana Gudep STAI Brebes, UPS Tegal, UNNES Cabang Tegal, Politeknik Harber Tegal, UNIKAL, dan STAI Pekalongan.

Acara ini juga dihadiri oleh Kakwaran 15 Wanasari Drs. H. Daryono, S.Pd., S.D., dan beberapa Korps Pelatih dari Kwarcab Brebes serta seluruh anggota Pramuka Racana. Tema yang diusung adalah “Membuka Wacana Global terhadap Peran Kepramukaan sebagai Pertahanan Bangsa dan Pengabdian Masyarakat”.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Prof. Dr. H. Tri Jaka Kartana, M.Si., ditandai dengan pemukulan gong. Dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa anggota pramuka diharapkan memiliki jiwa kebersamaan, semangat, tanggung jawab dan berkarakter untuk menjadi pemimpin di masa depan. Lebih lanjut dikatakan bahwa pramuka racana  diharapkan mampu merumuskan sebuah gagasan untuk membangun bangsa yang berdaya saing tinggi serta memiliki pondasi melalui kegiatan kepramukaan dalam membangun sebuah karakter sebagai negara yang bermartabat dengan cerminan Pancasila.

Menurut Pembina UKM Pramuka, Slamet Bambang Riono, S.Pd., M.M. bahwa kegiatan tahunan semacam ini dilaksanakan untuk mempererat jalinan silaturahmi antaraanggota Pramuka Racana di Perguruan Tinggi khususnya di wilayah Karesidenan Pekalongan.

REKTOR BARU UMUS BREBES DILANTIK