Rektor, Wakil Rektor I, dan Wakil Rektor II Umus

Rektor, Wakil Rektor I, dan Wakil Rektor II Universitas Muhadi Setiabudi. Dari kiri ke kanan : Prof. Dr. Ir. H. Taswin Rahman Tagama, S. U ; Drs. Mukson, M. M ; Drs. Maksori, M. M.

Pintu Gerbang Umus

Pintu Gerbang Universitas Muhadi Setiabudi

Pelantikan Rektor Umus

Pelantikan Rektor, Wakil Rektor I, dan Wakil Rektor II Universitas Muhadi Setiabudi

Pelantikan Rektor Umus

Pelantikan Rektor, Wakil Rektor I, dan Wakil Rektor II Universitas Muhadi Setiabudi bersama Bupati Brebes Hj. Idza Priyanti, S. E.

Gedung Rektorat Umus

Gedung Rektorat Universitas Muhadi Setiabudi

Gedung Universitas Muhadi Setiabudi

Gedung Kuliah Universitas Muhadi Setiabudi

Bus Kampus Universitas Muhadi Setiabudi

Staf Universitas Muhadi Setiabudi

 

SEMINAR PEMAPARAN HASIL PENGAMATAN UJI COBA PENANAMAN BAWANG MERAH

bawngPada hari Rabu 25 Februari 2015 Fakultas Pertanian UMUS mengadakan Seminar Pemaparan Hasil Pengamatan Uji Coba Penanaman Bawang Merah dengan beberapa perlakuan yaitu dengan pupuk dan pestisida organik dan perlakuan jarak tanam serta uji penanaman varietas bawang merah di Universitas Muhadi Setiabudi Brebes. Uji coba ini dilakukan di BPP Jatibarang bekerjasama dengan Bank Indonesia (BI) Tegal, Dinas Pertanian Kabupaten Brebes, BPP Jatibarang dan beberapa Kelompok Tani Bawang Merah.

MAHASISWA FAPERTA UMUS BERKUNJUNG KE JOGLO TANI DAN UGM YOGYAKARTA

tour jogja faperta

Sesuai dengan agenda kerja BEM Faperta, Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Muhadi Setiabudi (UMUS) Brebes mengadakan kunjungan ke Yogyakarta selama 2 hari pada tanggal 8 – 9 Februari 2015. Dengan tujuan utama ke Joglo Tani dan Kampus Fakultas Teknologi Pertanian UGM Yogyakarta. Selain itu juga mengunjungi Perkebunan Buah Naga “Sabila Farm”, Candi Borobudur, Pantai Parangtritis serta Malioboro.

Di Joglo Tani mahasiswa mendapatkan motivasi dan konsep pertanian terpadu dari bapak TO Suprapto. Bahwasanya jangan minder menjadi petani justru seharusnya bangga menjadi petani, karena kalau tidak ada petani siapa yang akan menanam padi dan bahan pangan lainnya ? kalau tidak ada yang menanam padi dan bahan pangan lainnya, mau makan apa umat manusia diseluruh dunia ini. Tidak hanya itu kita juga harus memulai usaha kemandirian pangan agar kita tidak terlalu bergantung kepada orang lain. Dengan lahan sesempit apa pun kita masih bisa menanam minimal sayuran seperti caisim, kangkung, sledri, cabe, dll. Bahkan dengan konsep pertanian terpadu kita dapat mendapatkan penghasilan harian, mingguan, bulanan, sampai tahunan. Dan satu lagi ilmu yang sangat mendasar bahwa “TIDAK BOLEH MEMISAHKAN PERTANIAN DENGAN PETERNAKAN” karena “AKHIR DARI PERTANIAN AKAN MENJADI AWAL DARI PETERNAKAN DAN SEBALIKNYA AKHIR DARI PETERNAKAN AKAN MENJADI AWAL DARI PERTANIAN”.

Pembukaan Pendaftaran Mahasiswa Baru UMUS TA. 2015/2016

Universitas Muhadi Setiabudi membuka 5 Fakultas dengan 10 Program Studi, yaitu :

FAKULTAS KESEHATAN (FIKES)
• Ilmu Gizi (S1)
• Farmasi (D3)
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP)
• Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
• Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
FAKULTAS EKONOMI (FE)
• Akuntansi (S1)
• Manajemen (S1)
FAKULTAS TEKNIK (FT)
• Teknik Sipil (S1)
• Teknik Informatika (S1)
FAKULTAS PERTANIAN (FAPERTA)
• Agribisnis (S1)
• Teknologi Pangan (S1)
SYARAT PENDAFTARAN :
1. Mengisi formulir pendaftaran;
2. Fotocopy ijazah / STTB yang dilegalisir atau surat keterangan lulus dari sekolah;
3. Pas foto berwarna ukuran 3 x 4 (4 lembar);
4. Berkas dimasukkan dalam map.

WAKTU PENDAFTARAN :
Mulai Bulan Januari s/d September 2015
Pendaftaran langsung: Senin s/d Sabtu
Mulai Pukul 08.00 s/d 16.00 WIB

TEMPAT PENDAFTARAN :
Universitas Muhadi Setiabudi
Jl. P. Diponegoro Km. 2 Pesantunan
Wanasari Brebes – Jawa Tengah
Telp : (0283) 6199000
Kunjungi : umus.ac.id

Email kami di : umus@umus.ac.id atau muhadisetiabudi@gmail.com

CONTACT PERSON :
Narcis Mengi, A.Md 0822 4339 5499

0857 4244 2898
0878 3015 3500

BEF 2015 KPMDB DI UNIVERSITAS MUHADI

 

IMG-20150202-WA0009Keluarga Pelajar Mahasiswa Daerah Brebes (KPMDB) kembali menyelenggarakan Brebes Education Fair (BEF),di Universitas Muhadi Setiabudi, Minggu (1/2/2015). Acara yang diikuti oleh ratusan siswa – siswi SMA Se-derajat tersebut menghadirkan beragam kegiatan mulai dari try out hingga sosialisasi perguruan tinggi negeri maupun swasta.

Menurut Ketua Panitia Bef, Heri Muji kegiatan ini merupakan kontribusi mahasiswa Brebes . Selain itu, turut juga didukung oleh beberapa universitas terkemukan seperti Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Jendral Soedirman (Unsoed) dan lain sebagainya.

“BEF ini merupakan suatu inisiatif dari mahasiswa-mahasiswa asal Brebes untuk ikut berkontribusi dalam bidang pendidikan khususnya untuk mengajak seluruh pelajar SMA, SMK, maupun MA di Brebes untuk tetap melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi,” papar mahasiswa Jurusan Pertenakan UGM tersebut. Heri menambahkan cara yang dimulai pukul 08.00 wib tersebut diawali  try out bersama  dan dilanjutkan expo campus dan serangkaian acara hiburan.  Diharapkan nantinya lewat acara ini perserta mampu lebih siap dalam menghadapi ujian nasional serta mampu memiliki pandangan terhadap kelanjutan pendidikan mereka.

Bupati Brebes, Hj Idza Priyanti yang turut hadir memberikan sambutanya mengapresiasi Brebes Education Fair, selain memberikan edukasi kepada siswa-siswi acara tersebut juga bisa menjadi bibit sumber daya manusia  untuk Brebes kedepanya.“ Kegiatan ini diharapkan memberikan dampak yang positif khususnya untuk mengajak pelajar untuk tetap melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dan tetap semangat untuk meraih cita-cita kalian semua,” ungkap orang nomor satu di Brebes tersebut.

Acara yang dilakukan untuk ketiga kalinya ini terbukti mampu mendorong minat peserta. Hal tersebut terbukti dari jumlah peserta yang hadir mencapai 650 siswa se Kabupaten  Brebes.  Pritia salah seorang peserta asal SMA 1 Brebes  mengukapkan dirinya sangat senang atas acara ini. “Kegiatan BEF ini sangat membantu saya dan teman-teman untuk mencari informasi seputar dunia kampus dan program studi yang ingin kami masuki,” ucapnya.

 

BEM UMUS MENGADAKAN SEMINAR NASIONAL EKOSISTEM PESISIR

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UMUS Brebes, telah mengadakan Seminar Nasional Ekosistem Pesisir dan Perubahan Iklim  pada hari kamis, 22 Januari 2015 di auditorium UMUS Brebes dan penanaman pohon mangroversari di desa Sawojajar Brebes.

                Dalam seminar yang bertema upaya masyarakat beradaptasi dengan lngkungan pesisir akibat perubahan iklim yang di pandu oleh moderator Karno Roso, S.Sos., M.I.Kom. menghadirkan narasumber:

  1. Chaeruddin Hasyim, SKM., M.Si. (Deputi peningkatan peran masyarakat Kementrian lingkungan Hidup dan kehutanan)
  2. Basuki Rahmat (Direktur pesisir dan pulau kecil yayasan KEHATI, Bio Diversity faoundation).
  3. Ade Rachmi Yuliantri (Dewan Nasional perubahan iklim).
  4. Dr. Angkatno (Pemerintah Kab. Brebes)
  5. Rusjan (Ketua Mangroversari).

Nasrasumber Chaeruddin Hasyim, SKM., M.Si. mengatakan bahwa setiap warga terutama di wilayah pesisir wajib hukumnya untuk menjaga lingkungan, karena semakin  kesini abrasi semakain parah. Hal ini berpengaruh dengan kondisi tanah pesisir Brebes yang tingginya berkurang dari 5 meter, untuk itu kita harus menyelamatkan lingkungan pesisir.

Menurut Fahmi Alfan (Presiden BEM UMUS) tema ini dipilh supaya masyarakat memahami kondisi alam pesisir yang semakain parah terkena abrasi laut. Agar mereka mengerti betapa pentingnya merawat dan melestraikan lingkungan pesisir di Brebes dengan benar-benar hijau sesuai dengan semboyan Brebes Berhias. Pada seminar ini hadir seluruh Dinas Se-Kabupaten Brebes, TNI, Polisi, Mahasiswa KPMDB, UMUS, osis dan masyarakat pesisir.

UMUS STUDY BANDING KE YOGYAKARTA DAN SUKOHARJO

Mahasiswa Universitas Muhadi Setiabudi (UMUS) Brebes  Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dan Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) mengadakan study banding ke Yogyakarta dan Sukoharjo selama 2 hari pada tanggal 27-28 januari 2015. Dengan tujuan ke kampus Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dan SMP Assalam Sukoharjo acara pelepasan dilaksanakan pada hari senin, 26 Januari 2015 pukul 20.00 WIB oleh Ketua panitia Bapak Moh. Toharudin, M.Pd.  Acara pelepasan tersebut diawali sambutan oleh Bapak Wakil Rektor I yaitu Drs. H. Mukson, M.M. dan sambutan kedua oleh Slamet Bambang Riono, S.Pd., M.M. selaku dosen pembimbing.

Dari kegiatan KKL dan Study Banding ke UNY dan SMP Assalam Sukoharjo tersebut, diharapkan; Mahasiswa UMUS bisa sharing tentang kegiatan-kegiatan kemahasiswaan. Seperti sistem perkuliahan, UKM, BEM FIP, menjalin kerjasama dan penjamin mutu. Disini Mahasiswa UMUS bisa terjun langsung bagaimana cara kegiatan belajar mengajar, prestasi mahasiswa, sarana pembelajaran yang dibutuhkan siswa.

BREBES EDUCATION FAIR (BEF) 2015

Minggu, 1 Februari 2015 di Universitas Muhadi Setiabudi (UMUS) Brebes akan mengadakan Brebes Education Fair (BEF) 2015. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Keluarga Pelajar dan Mahasiswa Daerah Brebes (KPMDB) dan UMUS Brebes. Dengan tujuan memberikan informasi kepada siswa-siswi SMA dan sederajat, umum mengenai gambaran dunia Perguruan Tinggi , bagaimana jalur masuk sampai kegiatan perkuliahan. Dengan demikian siswa-siswi  tersebut mempunyai wawasan dunia perguruan tinggi,  motivasi untuk melanjutkan jenjang pendidikan  yang di cita-citakan sekaligus mengeratkan tali silahturahmi antara mahasiswa Brebes di seluruh Indonesia.

Acara ini di selenggarakan oleh Panitia yang merupakan kolaborasi mahasiswa  Brebes dari berbagai perguruan tinggi, antara lain: UI, UGM, IPB, UNSOED, UIN Sunan Kalijaga, UIN Walisongo, UMY, UNNES, UIN Syarief Hidayatullah, UNY,  UPS Tegal, UAD dan UMUS Brebes. Jangan sampai lupa dan telat ya datang di Brebes Education Fair (BEF) 2015, tak tunggu.

KURSUS PEMBINA MAHIR LANJUT (KML) KWARCAB BREBES – KWARRAN 15 WANASARI TAHUN 2014

DSC00479Kegiatan Kursus Pembina Mahir Lanjutan (KML) pramuka dilaksankana pada tanggal 22 – 27 Desember 2014 bertempat di Kampus UMUS. Kegiatan ini dibuka oleh ketua Kwarcab 11.15 Brebes Bapak H.E. Mastoni Ezam, S.H., M.H.

Dalam kegitan ini diikuti oleh 80 peserta dari pelatih di SD, SMP, MTs, SMA di Wilayah Wanasari Brebes. Tujuannya untuk membekali pelatih pramuka dangan terampil serta materi kepramukaan di tiap Gudep pada pangkalan masing-masing.

Kunjungan Program Studi Ilmu Dan Teknologi Pangan ke Pabrik Gula Pangkah

kunjungan ke PG pangkah

Mahasiswa Ilmu dan Teknologi Pangan Universitas Muhadi Setiabudi melakukan Kunjungan di Pabrik Gula Pangkah pada tanggal 2 November 2014. Kunjungan ini bertujuan untuk mengetahui proses pengolahan tebu menjadi gula pasir konsumsi.(FapertaUMUS)

MAHASISWA FAPERTA UMUS BERBAGI ILMU KOMPOS DI IBU-IBU PKK RT. 02 / RW. 05 GANDASULI

Kompos di Rw 03 GandasuliLimbah terbesar diperumahan yaitu limbah rumah tangga. Jika tidak ditangani dengan baik maka akan menjadi sumber penyakit. Biasanya limbah rumah dibakar atau dibuang di tempat sampah, jika petugas  dari dinas kebersihan tidak mengambil limbah rumah tangga di perumahan selama seminggu saja maka akan menimbulkan bau yang tidak sedap. Salah satu solusinya adalah dengan pengomposan yang dapat dilakukan sendiri oleh warga perumahan, namun karena tidak lengkapnya pengetahuan praktis tentang pembuatan kompos sehingga tidak pernah dilaksanakan. Mahasiswa Faperta Universitas Muhadi Setiabudi hadir untuk berbagi ilmu ke Ibu-Ibu PKK di Rt. 02 / Rw 03 Kelurahan Gandasuli untuk pengelolaan limbah rumah tangga dan pembuatan kompos dalam bentuk pelatihan singkat.(FapertaUMUS).