Rektor, Wakil Rektor I, dan Wakil Rektor II Umus

Rektor, Wakil Rektor I, dan Wakil Rektor II Universitas Muhadi Setiabudi. Dari kiri ke kanan : Prof. Dr. Ir. H. Taswin Rahman Tagama, S. U ; Drs. Mukson, M. M ; Drs. Maksori, M. M.

Pintu Gerbang Umus

Pintu Gerbang Universitas Muhadi Setiabudi

Pelantikan Rektor Umus

Pelantikan Rektor, Wakil Rektor I, dan Wakil Rektor II Universitas Muhadi Setiabudi

Pelantikan Rektor Umus

Pelantikan Rektor, Wakil Rektor I, dan Wakil Rektor II Universitas Muhadi Setiabudi bersama Bupati Brebes Hj. Idza Priyanti, S. E.

Gedung Rektorat Umus

Gedung Rektorat Universitas Muhadi Setiabudi

Gedung Universitas Muhadi Setiabudi

Gedung Kuliah Universitas Muhadi Setiabudi

Bus Kampus Universitas Muhadi Setiabudi

Staf Universitas Muhadi Setiabudi

 

SEMINAR NASIONAL ENERGI TERBARUKAN DI UNIVERSITAS MUHADI SETIABUDI BREBES

Universitas Muhadi Setiabudi (UMUS) Brebes Mengadakan Senimar Nasional  Energi terbarukan dengan tema “The Opportunity of Energy And Renewable Energy School“ pada tanggal 20 April 2105. Peserta dari seminar ini yaitu para akademisi baik dari brebes, tegal dan cirebon. Seminar ini diangkat untuk memperkenalkan kembali pentingnya pemanfaatan energi yang berasal dari fosil dengan bijaksana, dan untuk mengantisipasi kelangkaan energi masa depan perlu dicarikan solusi tepat yaitu energi terbarukan baik yang berasal dari biofuel, angin, air, panas bumi, matahari, biomassa atau pasang surut air laut. Diperlukan Sumber Daya Manusia yang handal serta teknologi yang tepat untuk mengelola energi terbarukan ini.

Pembicara utama pada kegitan ini yaitu Dr. H. Odang Supriatna, MM (Director PT. Inventro Energia) mengatakan bahwa peluang energi terbarukan sangat terbuka lebar untuk dikelola dengan serius dan perlu dukungan semua pihak baik pemerintah maupun perguruan tinggi, karena energi yang yang berasal dari fosil suatu saat akan habis.

Sebagai Universitas yang baru berjalan 3 tahun Universitas Muhadi Setiabudi akan selalu konsen untuk menggalakan pemanfaatan energi terbarukan apalagi UMUS yang memiliki program studi teknologi pangan dan teknik sipil yang diharapkan dapat mengbackup dari segi kelilmuan. Salah satu ide besar yang dihasilkan dari seminar ini yaitu membentuk sebuah lembaga yang terintegrasi dengan UMUS yaitu Brebes Energy School (BES) dengan harapan bisa melatih semua lapisan masyarakat untuk peduli dan memanfaatkan sumber daya lokal untuk memperoleh sumber energi baru dan terbarukan misalnya pemanfaatan limbah tahu menjadi biogas yang bisa dibackup oleh prodi teknologi pangan dan kincir angin untuk wilayah pesisir pantai utara untuk petani rumput laut dapat dibackup oleh prodi  teknik sipil. (hasdar/umus).

UJICOBA BAWANG MERAH DENGAN PUPUK ORGANIK OLEH MAHASISWA FAPERTA

UJICOBA BAWANG MERAH DENGAN PUPUK ORGANIK, PERBEDAAN JARAK TANAM UNTUK VARIETAS BAWANG MERAH BIMA BREBES DAN PEREDAAN LIMA JENIS VARIETAS BAWANG MERAH DI LAHAN UJICOBA BALAI PENYULUHAN PERTANIAN KECAMATAN JATIBARANNG

Bawang merah merupakan produk unggulan di Kabupaten Brebes. Kebiasaan petani bawang merah yang biasa menggunakan bibit bawang merah varietas bima Brebes adalah dengan pemupukan kimia yang seringnya melampaui batas dosis yang disarankan. Demikian pula dalam pemakaian pestisida kimia untuk memberantas hama yang sering menimbulkan kerugian paling besar bagi petani bawang merah. Pemakaian pupuk kimia dan pestisida yang berlebihan tersebut telah terbukti membuat kerusakan sifat fisik dan sifat kimia tanah disamping terbunuhnya mikro organisme yanng berfungsi sebagai pengurai unsur-unsur hara. Untuk itu, budaya penggunaan pupuk kimia dan pestisida ini perlu dirombak secara pelan-pelan. Disamping itu, penggunaan bibit dari varietas yang sama secara terus menurus sampai puluhan bahkan ratusan  kali duri dulu sampai sekarang yang telah terbukti semakin berkurangnya produktivitas bawang merah. Denikian pula dalam teknik penanaman kususnya yang berkaitan dengan jarak tanam yang paling tepat untuk tumbuhnya umbi yang optimal, perlu diujicoba di lapangan.

KUNJUNGAN PRAKTEK KE KEBUN DURIAN TONJONG

MAHASISWA FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS MUHADI SETIABUDI (UMUS) BREBES NGADAKAN KUNJUNGAN PRAKTEK LAPANGAN KE KEBUN BUAH DURIAN DI DESA RAJAWETAN KECAMATAN TONJONG PADA HARI RABU TANGGAL 25 MARET 2015

Desa Rajawetan Kecamatan Tonjong adalah desa tempat penngembangan durian di Kabupaten Brebes. Awal pengembangan durian tersebut adalah pada tahun 2003, dengan total luas lahan budidaya sebesar 17 ha yang dilakukan oleh investor dari Kabupaten Cilacap (Bpk. Heri). Pada tahun 2005, investor lokal dari Desa tetangga (Desa Tanggeran) telah mengikuti jejak Pak Heri yaitu dengan mengembangkan budidaya tanaman durian seluas 34 ha.

Saat ini sudah ke 8 atu 9  kalinya panen tepat pada saat musim hujan yang berdampak pada turunnya produktivitas durian. Meskipun demikian, konsumen lokal terus bertambah   bahkan seringnya dilakukan penolakan oleh pengelola karena kualitas hasilnya kurang baik. Pada intinya, pengelola tidak ingin konsumennya kecewa dengan kualitas durian yang jelek.

Dengan kunjungan lapangan tersebut, diharapkan mahasiswa dapat menambah wawasan dan pengetahuan dalam usaha tani durian secara menyeluruh dari persiapan lahan sampai dengan pemasaraannya.

FAPERTA UMUS MELAKUKAN KEGIATAN PEMBERANTASAN HAMA WERENG

MAHASISWA FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS MUHADI SETIABUDI (UMUS) BREBES BERSAMA ABRI KODIM 0723 KABUPATEN BREBES MELAKUKAN KEGIATAN PEMBERANTASAN HAMA WERENG DI DESA JATIBARANG KECAMATAN JATIBARANG

PADA HARI SENIN TANGGAL 9 MARET 2015.

Serangan hama wereng yang telah menyerang tanaman padi di Desa Jatibarang Lor Kecamatan Jatibarang diperkirakan mencapai luasan puluhan ha.Melalui program pemberdayaan masyarakat Fakultas Pertanian Universitas Muhadi Setiabudi Brebes menggerakkan mahasiswanya untuk ikut terjun langsung dalam penyemprotan hama wereng tersebut. Diawali dengan kegiatan pencampuran insektisida dengan air.

Diharapkan dengan kegiatan pemberantasan hama wereng dimaksud dapat menyelamatkan tanaman padi seluas kurang lebih 30 ha di Desa Jatibarang Lor.

 

 

PELANTIKAN BEM FKIP UMUS 2015

BREBES ­– Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhadi Setiabud (UMUS) Brebes, senin tanggal 16 maret 2015 telah melangsungkan serah terima jabatan dan pelantikan kepengurusan Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), serta Himpunan Program Studi (HIMPRO) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia(PBSI) yang baru masa jabatan 2014/2015.

Pelatihan Pemetaan Keluarga Prasejahtera dan Sejahtera kepada Posdaya Mitra LPPM UMUS

Pelatihan Pemetaan Keluarga Prasejahtera dan Sejahtera dilaksanakan pada tanggal 7 maret 2015. Pelatihan ini bertujuan untuk membantu masyarakat khususnya Posdaya Mitra LPPM UMUS memetakan permasalahan mendasar yang ada dimasyarakat baik dari segi kesehatan, pendidikan, lingkungan dan ekonomi. Kegiatan ini merupakan Kerjasama antara LPPM UMUS denga Yayasan Damandiri.(lppm)

LPPM UMUS : UMUS BREBES Melatih Pembuatan Kompos dari limbah Rumah Tangga di Desa Pesantunan Wanasari