Pelatihan dan Pendampinan PEKERTI-AA, Kerjasama Universitas Muhadi Setiabudi dan Institut Pertanian Bogor #2

Dalam rangka peningkatan kualitas dosen sebagai pengajar dan pendidik, Universitas Muhadi Setiabudi Brebes mengadakan kerjasama dengan Institut Pertanian Bogor mengadakan Pelatihan dan Pendampingan Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) dan Applied Approach (AA). Pelatihan dilaksanakan 3 hari yaitu mulai 18-20 Februari 2019 dan Pendampingan mulai 21 Februari – 8 Maret 2019. Pelatihan hari pertama diisi oleh  Ir. Elin Herlina, M.Sc, Direktur Program dan Teknologi Pendidikan IPB, dan Dr. Wonny Ahmad Ridwan., MM, selaku Kepala Bidang Audit Akademik (baca artikel hari pertama).

Hari kedua materi dimulai dengan pemaparan secara rinci tentang rencana pembelajaran semester oleh Dr. Dody Satyanto Krido Saptomo, M.Si., S.Tp. Penyusunan RPS harus dimulai dari Learning Outcome (Capaian Pembelajaran). Learning Outcome setiap mata kuliah dapat berbeda, tetapi harus mengacu pada learning outcome program studi. Learning outcome mata kuliah merupakan penjabaran secara lebih rinci learning outcome program studi sesuai dengan bidang mata kuliahnya. Pembahasan dilanjutkan dengan  pemaparan tentang penyusunan analisis instruksional. Penjelasan dan pemilihan tipe pengajaran yang cocok harus dilakukan diawal untuk mempermudah transfer pengetahuan ke mahasiswa.

Materi dilanjutkan dengan penjelasan komponen rincin beserta contoh Rencana Pembejajaran Semester (RPS). Bagaimana RPS harus specific, measurable, achievable, time bound, dan realistic. Memilih metode pembelajaran yang tepat juga akan menjadi salah satu kunci tercapainya learning outcome yang dicantumkan dalam RPS. Selain itu, komponen RPS yang lain seperti rancangan tugas, rancangan penilaian, satuan acara perkuliahan (SAP), dan kontrak perkuliahan juga dijelaskan secara detail dan rinci.

Sesi dua hari kedua dimulai pukul 13:00 dengan agenda diskusi kelompok dalam penyusunan learning outcome, analisis instruksional, dan rencana pembelajaran semester. Diskusi dipandu oleh Bu Tintin Sarianti, S.P., M.M, dosen Agribisnis IPB. Diskusi dilakukan selama 1 jam 30 menit, dan kemudian dilanjutkan dengan presentasi masing-masing kelompok. Acara hari kedua diakhiri dengan diskusi dan penugasan untuk micro teaching hari ke-tiga.

Acara hari ke-tiga dibagi menjadi dua sesi juga. Sesi pertama adalah pemapan tentang “Kebijakan Nasional Sistem Penjaminan Mutu Internal” oleh Dr. Wonny Ahmad Ridwan., MM dan “Assessment Pembelajaran dalam Konteks Ketercapaian Learning Outcome” oleh Bu Tintin Sarianti, S.P., M.M. Sesi selanjutnya adalah micro teaching. Peserta diambil secara random untuk mendemonstrasikan cara pengajaran dalam kelas melalui micro teaching. Setelah selesai, peserta lain akan diminta mengomentari, menanggapi, dan memberikan saran kepada peserta yang melakukan presentasi, dan kemudian akan dievaluasi oleh tim dari IPB.

Acara hari ketiga dan merupakan hari terakhir, ditutup dengan diskusi dan pemberian tugas penyusunan RPS secara lengkap yang terdiri atas dokumen Learning Outcome (LO), Analisis Instruksional (AI), Rencana Pembelajaran Semester (RPS), Rancangan Tugas, Rancangan Penilaian, Satuan Acara Perkuliahan (SAP), dan Kontrak Perkuliahan. Dokumen tersebut dikerjakan dalam waktu 3 hari, diserahkan ke tim IPB untuk kemudian diperiksa dan dikoreksi. Hasil koreksi akan dikembalikan dan kemudian diperbaiki. Dokumen final akan harus sudah selesai pada tahap pendampingan yaitu tanggal 8 Maret 2019.

Harapan Universitas Muhadi Setiabudi adalah kualitas dosen dapat meningkat dalam perancangan dan pelaksanaan proses belajar mengajar di kelas, melalui penyusunan dokumen-dokumen tersebut. Meningkatnya kualitas dosen akan meningkatkan kualitas mahasiswa dan lulusan, dan akan berimbas pada meningkatnya kualitas kampus juga. Oleh karena itu, untuk ke depannya, semoga Universitas Muhadi Setiabudi dapat terus berkembang lebih baik dan berkontribusi positif lebih banyak bagi masyarakat sekitar, bangsa, dan negara.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *