UMUS Meraih Sertifikat Akreditasi Perguruan Tinggi “B”

Brebes – Universitas Muhadi Setiabudi (UMUS) secara resmi menerima sertifikat Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) dari BAN-PT tertanggal 6 November 2018, perolehan Akreditasi ini merupakan kado terbaik bagi UMUS yang telah merayakan Milad Ke-6 pada 2 Oktober 2018. merupakan waktu yang sangat singkat untuk sebuah institusi pedidikan perguruan tinggi meraih akreditasi B

Rektor UMUS Bapak Dr. Roby Setiadi, S.Kom., M.M.  berpesan dengan diraihnya predikat “B”, diharapkan? UMUS dapat lebih percaya diri dan memperkuat leadership, memiliki komitmen kepada seluruh stakeholder, serta membangun sistem yang terintegrasi dengan baik dalam penyelenggaran dan pelayanan pendidikan untuk dapat menciptakan lulusan yang siap berkompetisi di Era 4.0 saat ini. semua aktifitas harus unggul. UMUS harus diakui secara global. Dianggap, dikenal, dan dilihat oleh masyarakat global baik nasional maupun internasional. UMUS sudah masuk Kelas B perguruan tinggi.

Lebih lanjut ditegaskan,”Diharapkan UMUS mampu berlari kencang dan berkembang lebih jauh lagi secara glokal, paling tidak, dimana saja berada, orang-orang mengetahui keberadaan UMUS, diketahui karena aktifitasnya, baik para dosennya maupun mahasiswanya. Tak kenal maka tak sayang, tak sayang maka tak cinta, paling tidak komunitasnya tahu.” namun Kita sadari bahwa kita tidak boleh puas dengan kondisi sekarang, ini adalah tonggak awal untuk meningkatkan mutu UMUS.”

Dikatakannya lagi, proses pendampingan yang dilakukan telah mampu memotivasi serta memberikan arah dalam penulisan borang dan proses visitasi oleh Asesor BAN-PT. Upaya kerja keras dari semua pihak dan atas dukungan Direktorat Pembinaan Kelembagaan Perguruan Tinggi Kemenristekdikti, penantian selama 6 tahun telah memberikan hasil yang diharapkan.

Akreditasi merupakan penentuan standar mutu dan penilaian suatu lembaga pendidikan (pendidikan tinggi) oleh pihak di luar lembaga yang independen. Akreditasi juga diartikan sebuah upaya pemerintah untuk menstandarisasi dan menjamin mutu alumni perguruan tinggi sehingga kualitas lulusan antara perguruan tinggi tidak terlalu bervariasi dan sesuai kebutuhan kerja.

Pada pembukaan buku naskah akademik Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi, dijelaskan bahwa akreditasi merupakan proses evaluasi dan penilaian secara komprehensif atas komitmen perguruan tinggi terhadap mutu dan kapasitas penyelenggaraan Tridarma perguruan tinggi, untuk menentukan kelayakan program dan satuan pendidikan. Evaluasi dan penilaian dalam rangka akreditasi institusi dilakukan oleh team asesor yang terdiri atas pakar yang memahami hakikat pengelolaan perguruan tinggi.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *