Mahasiswa Umus KKL di BPIK Semarang

DSCF5192_1

Teknik Sipil UMUS MoU dengan BPIK JATENG

Brebes – Baru baru ini Mahasiswa Fakultas Teknik UMUS Brebes sejumlah 30 mahasiswa Kunjungan kerja Lapangan ke BPIK Semarang, Program Studi Teknik Sipil di sambut oleh Kepala Badan Pengujian dan Informasi Konstruksi (BPIK) Semarang Jawa Tengah, Ir. ANIEK CHANIFAH, M.M. beserta jajarannyadalam rangka MoU dan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) Mahasiswa mahasiswi Teknik Sipil Semester V yang bertujuan memperkenalkan dunia kerja kepada mahasiswa . Persaingan yang ketat, lapangan pekerjaan yang sempit dan kompetisi dan kualitas mutu lulusan adalah penyebab sulitnya mendapatkan pekerjaan, sehingga dengan adanya mata kuliah KKL diharapkan mahasiswa mendapatkan berbagai menu pilihan bidang pekerjaan sesuai yang diminati dan menanamkan jiwa kewira-usaha-an dalam era Masyarakat Ekonomi Asean.

Teknik Sipil Universitas Muhadi Setiabudi Brebes adalah satu-satunya dan bisa dibilang terbanyak mahasiswanya setelah Progdi PGSD dan Ilmu Eksak lainnya di seluruh kampus se Brebes, Tegal, Pemalang,Pekalongan dan tertua. Progdi tersebut mempunyai tenaga pengajar yang rata-rata sedang S3 dan beberapa diantaranya studi di luar negeri seperti UTM (Malaysia). Ditambah lagi para pengajar dari Instansi kedinasan-PU Bina Marga, Pengairan serta Tata Ruang, BPN Kabupaten Brebes dan Tegal serta tenaga pengajar dari kalangan  jasa Konstruksi.

“Kami dan rekan yang ada di BPIK ini selalu mengusahakan yang terbaik dalam menghadapi tantangan global seperti pelayanan, akreditasi laboratorium dan peralatan uji konstruksi yang memenuhi syarat. Sehingga setelah kami perjuangkan, BPIK tidak bergantung lagi dengan lembaga yang lain.BPIK Semarang sudah  ter-akreditasi-A oleh komisi Akreditasi Nasional, artinya kita adalah pusat tempat uji materi konstruksi di seluruh Jawa Tengah. “ Aniek dalam sambutannya.

“Kami akan tunjukan semua peralatan dan cara menguji materi konstruksi dengan segala tingkatannya. Kemudian ini bisa dijadikan bidang pekerjaan lulusan teknik sipil, apakah anda ingin membuka toko material, produksi paving block, mengolah aspal yang lebih rekat,kuat dan masih banyak lagi lainnya. Dan semoga penandatanganan MoU dengan Teknik sipil UMUS Brebes lebih mempunyai nilai lebih dalam menghadapi akreditasi  kampus UMUS terutama Program Studi Teknik Sipil dalam hal Pendidikan Penelitian Maupun Pengabdian Masyarakat” Lanjut beliau.

Dilanjutkan oleh Dekan Fakultas Teknik UMUS Brebes- Abdul Hamid, M.T. ,(C Dr)  yang didampingi sekretaris Dekan Muammar M.Pd bahwa Teknik Sipil UMUS telah banyak berkiprah dalam Pekerjaan Umum di Kabupaten Brebes dan tegal, Sekitar 80 proyek sipil di Kabupaten ini , melibatkan mahasiswa Teknik  Sipil UMUS. Kedepan Teknik  Sipil UMUS akan lebih siap menghadapi tantangan global, dan MEA.  Dengan adanya kunjungan kerja lapangan ini diharapkan kedepan mahasiswa lebih memahami apa apa yang mesti dipelajari dalam ilmu kesipilan yang bukan hanya dari segi materi saja namun juga dipersiapkan untuk dunia kerja.