UMUS BREBES BEKERJASAMA DENGAN TIGA INSTUTUSI PENDIDIKAN TINGGI DAN SEKOLAH MENENGAH DI JEPANG

1 2 

Universitas Muhadi Setiabudi (UMUS) melakukan kerja sama internasional dengan 3 institusi pendidikan tinggi dan sekolah menengah di jepang pada tanggal 21 – 26 September 2016.  Ketiga Institusi tersebut langsung membuat Memorandum of Understanding (MoU) dengan UMUS setelah melakukan diskusi mengenai pengembangan pendidikan, kerjasama riset, dan pola pengabdian masyarakat internasional . Tiga instusi tersebut yaitu Hiroshima University, Waku Pro, dan Takeda Senior High School. Pihak Hiroshima University melalui Phoenix Leader Education Program for Renaissance from Radiation Disaster memberikan kesempatan kepada Univeritas Muhadi Setiabudi bekerja sama bidang pendidikan dan penelitian. Pada bidang pendidikan dibahas tentang peluang dosen atau alumni UMUS untuk melanjutkan studi pada jenjang yang lebih tinggi. pada kesempatan itu perwakilan Hiroshima University Prof. Dr. Deguchi langsung menyambut dengan baik keinginan dari UMUS yang yang dihadiri langsung oleh Rektor UMUS Prof. Dr. Tri Jaka Kartana. M.Si. Pada Kesempatan itu juga 5 dosen UMUS yang ikut di Hiroshima University melakukan seleksi akademik dan akhirnya sudah siap melaksanakan studi lanjut pada program P.hD. kelima dosen UMUS berlatar belakang yang berbeda yaitu Akbar Nur Purnama, M.M (Economic and Halal Tourism), Muhamad Hasdar, M.Sc (Science and Food Technologi), Bangun Satrio, M.Si (Agribisnis), Hatmiyarni Tri Handayani, M.Sc (Science and Food Technologi), dan Muhammad Syaifulloh, M.M (Education). Pada bidang penelitian pihak Hiroshima University membuka kesempatan untuk kolaborasi penelitian.

 

Kerja sama kedua yang dilakukan Universitas Muhadi Setiabudi yaitu dengan Waku Pro, Japan.  Waku Pro Japan adalah lembaga riset yang dibiayai oleh Mazda Corporation yang dipimpin oleh Prof. Hayashi Takehiro. Kerjasama tersebut berisikan tentang pertukaran peneliti/tenaga pengajar, kolaborasi riset, mengadakan kuliah umum/seminar/simposium, pertukaran informasi penelitian dan publikasi ilmiah, dan promosi akademik. Pada tahun 2017 Prof. Hayashi Takehiro akan berkunjung ke Brebes untuk menindak lanjuti kesepakatan yang telah di buat.

 

Kerja sama ketiga dilakukan dengan Takeda Senior High School. Kerjasama ini adalah kerjasama pertama yang dilakukan oleh Takeda Senior High School dengan institusi perguruan tinggi. “Kami terbiasa kerjasama dengan level Senior High School di beberapa negara, namun hari ini adalah hari yang spsesial karena kami bekerjasama dengan perguruan tinggi di indonesia” Nokumura Sensei ( Head Office Senior High School ). Pada kerjasama ini langsung diliput oleh TV NHK Jepang. Tujuan dari kerjasama ini yaitu pertukaran guru dan dosen, dimana dosen umus yang bersal dari Fakultas Pendidikan dan Ilmu Keguruan (FKIP) dapat belajar dan meneliti cara mengajar guru di Takeda Senior High School, selain itu mahasiswa UMUS dapat melakukan Praktek Pegalaman Lapangan (PPL) di Takeda Senior High School sehingga ketika menjadi guru di Indonesia, mahasiswa dapat menerapkan metode baru dalam pembelajaran. Termasuk mahasiswa umus dapat belajar budaya dan memperkenalkan budaya indonesia dan terkhusus budaya Brebes.

 

Kerja sama Internasional di tiga institusi tersebut difasilitasi oleh Bapak. Dr. Tuswadi, alumni Hiroshima University. “ini adalah lomptan besar bagi UMUS untuk menjadi terdepan, UMUS Luar biasa cepat dalam menanggapi informasi dan peluang serta cepat dalam bertindak. Seharusnya cara ini dapat ditiru oleh perguruan tinggi lain di Indonesia” ungkap Dr. Tuswadi.