PBSI UMUS adakan Kerja Sama dengan MGMP Bahasa Indonesia

Bertempat di Auditorium SMP Negeri 2 Kersana, pada hari Senin, 28 Maret 2016, MGMP SMP Bahasa Indonesia Rayon 2 Kec. Tanjung, adakan Kegiatan Diklat Penyusunan PTK dan Penulisan Jurnal Ilmiah. Kegiatan diikuti oleh guru-guru SMP mapel Bahasa Indonesia.

Dalam kegiatan tersebut, Probo Susanto , M.Pd., selaku Ketua MGMP mengundang Dosen FKIP UMUS Brebes untuk berpartisipasi di dalamnya. Dosen praktisi pendidikan dari UMUS terdiri dari Prof. Dr. H. Tri Jaka Kartana, M.Si., Drs. H. Mukson, M.M., Drs. H.M. Agus Purnomo, M.Pd., Moh. Toharudin, M.Pd. dan Slamet Bambang Riono, S.Pd., M.M.

Sebagai pemateri kegiatan, Prof. Dr. H. Tri Jaka Kartana, M.Si., mengatakan bahwa penyusunan PTK bukan hanya memfokuskan pada unsur peningkatan angka atau hasil belajar, tapi juga pada ‘proses’ pembelajaran. Hasil akhirnya, agar PTK yang diteliti dan disusun dapat diterbitkan di Jurnal ber-ISSN.

Kegiatan ini juga dijadikan sebagai wahana kerja sama yang positif antara MGMP Bahasa Indonesia SMP Rayon 02 Kec. Tanjung dengan Program Studi S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Muhadi Setiabudi (UMUS) Brebes.

Selanjutnya kegitan ini diharapkan untuk lebih meningkatkan kemampuan segenap potensi dan sumber daya yang ada secara optimal guna menunjang pembangunan bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang berkelanjutan di Kecamatan Tanjung, Kabupaten Brebes pada umumnya dan Universitas Muhadi Setiabudi Brebes pada khususnya. Bidang kegiatannya antara lain pembinaan dan/atau Forum Diskusi Ilmiah dalam bidang Penelitian Tindakan Kelas dan Karya Ilmiah di lingkungan tenaga pendidik di MGMP Bahasa Indonesia SMP Kec. Tanjung, Kabupaten Brebes.