MoU antara Universitas Muhadi Setiabudi dengan Kwarcab Brebes

Bertempat di Auditorium UMUS (Universitas Muhadi Setiabudi) Brebes, pada tanggal 25 Maret 2016 mengadakan MoU (Nota Kesepahaman) antara Kampus UMUS Brebes dengan Kwartir Cabang Brebes. UMUS diwakili oleh Rektor, Prof. Dr. H. Tri Jaka Kartana, M.Si., dan Kwartir Cabang Brebes diwakili oleh Waka Bina Muda, Drs. Budi Adjar Pranoto, S.H., M.M.Pd. Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk mengawali Temu Racana tahunan antara Perguruaan Tinggi Se-Eks Karesidenan Pekalongan.

Kegiatan Temu Racana diikuti oleh tuan rumah Gerakan Pramuka Gudep 15.171 dan 15.172 Racana P. Diponegoro dan R.A. Katini dari pangkalan UMUS Brebes. Pesertanya antara lain perwakilan Reka dari Racana Gudep STAI Brebes, UPS Tegal, UNNES Cabang Tegal, Politeknik Harber Tegal, UNIKAL, dan STAI Pekalongan.

Acara ini juga dihadiri oleh Kakwaran 15 Wanasari Drs. H. Daryono, S.Pd., S.D., dan beberapa Korps Pelatih dari Kwarcab Brebes serta seluruh anggota Pramuka Racana. Tema yang diusung adalah “Membuka Wacana Global terhadap Peran Kepramukaan sebagai Pertahanan Bangsa dan Pengabdian Masyarakat”.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Prof. Dr. H. Tri Jaka Kartana, M.Si., ditandai dengan pemukulan gong. Dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa anggota pramuka diharapkan memiliki jiwa kebersamaan, semangat, tanggung jawab dan berkarakter untuk menjadi pemimpin di masa depan. Lebih lanjut dikatakan bahwa pramuka racana  diharapkan mampu merumuskan sebuah gagasan untuk membangun bangsa yang berdaya saing tinggi serta memiliki pondasi melalui kegiatan kepramukaan dalam membangun sebuah karakter sebagai negara yang bermartabat dengan cerminan Pancasila.

Menurut Pembina UKM Pramuka, Slamet Bambang Riono, S.Pd., M.M. bahwa kegiatan tahunan semacam ini dilaksanakan untuk mempererat jalinan silaturahmi antaraanggota Pramuka Racana di Perguruan Tinggi khususnya di wilayah Karesidenan Pekalongan.