KUNJUNGAN PRAKTEK KE KEBUN DURIAN TONJONG

MAHASISWA FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS MUHADI SETIABUDI (UMUS) BREBES NGADAKAN KUNJUNGAN PRAKTEK LAPANGAN KE KEBUN BUAH DURIAN DI DESA RAJAWETAN KECAMATAN TONJONG PADA HARI RABU TANGGAL 25 MARET 2015

Desa Rajawetan Kecamatan Tonjong adalah desa tempat penngembangan durian di Kabupaten Brebes. Awal pengembangan durian tersebut adalah pada tahun 2003, dengan total luas lahan budidaya sebesar 17 ha yang dilakukan oleh investor dari Kabupaten Cilacap (Bpk. Heri). Pada tahun 2005, investor lokal dari Desa tetangga (Desa Tanggeran) telah mengikuti jejak Pak Heri yaitu dengan mengembangkan budidaya tanaman durian seluas 34 ha.

Saat ini sudah ke 8 atu 9  kalinya panen tepat pada saat musim hujan yang berdampak pada turunnya produktivitas durian. Meskipun demikian, konsumen lokal terus bertambah   bahkan seringnya dilakukan penolakan oleh pengelola karena kualitas hasilnya kurang baik. Pada intinya, pengelola tidak ingin konsumennya kecewa dengan kualitas durian yang jelek.

Dengan kunjungan lapangan tersebut, diharapkan mahasiswa dapat menambah wawasan dan pengetahuan dalam usaha tani durian secara menyeluruh dari persiapan lahan sampai dengan pemasaraannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *